Press Pause Play

Pemutaran film: Press Pause Play: film mengenai harapan, kekhawatiran, dan budaya digital
Rabu 24 Oktober 2012, 18:00
AIOLA Eatery, Jl. Slamet no. 16 Surabaya

Bersama:

  • Prinka Saraswati
  • Aprizal Nursetya (Terbujurkaku)
  • DJ Ayren Mayden

Kita sudah sering mendengar, entah keluhan entah antusiasme, bagaimana percepatan teknologi yang luar biasa dengan “revolusi digital” menimbulkan berbagai perubahan, potensi maupun kendala baru. Di satu sisi, revolusi digital memungkinkan berbagai metode produksi, distribusi dan konsumsi berbagai produk dan informasi dengan kecepatan dan kualitas teknis yang tak terbayangkan 10 tahun sebelumnya. Di sisi lain, sudah sering pula kita dengar keluhan-keluhan, bagaimana banyaknya produk dan informasi ini, membuat kita tenggelam dalam kebanjiran lautan “sampah” budaya massa.

“Demokrasi budaya, ataukah kesemrawutan budaya?” Inilah fokus pertanyaan dalam film ini. Jadi dalam dokumenter ini, kita bisa melihat berbagai pandangan yang berbeda, bahkan berlawanan, mengenai revolusi digital ini. Mulai dari yang sering kita dengar, seperti bagaimana teknologi baru—terutama komputer (pribadi)—sangat memudahkan produksi, distribusi dan konsumsi. Pembuatan film yang sebelumnya memerlukan misalnya 6 bulan untuk produksi, dan memerlukan berbagai peralatan yang mahal, kini dapat dilakukan (oleh bahkan anak kecil) dalam waktu 5 menit, hanya dengan menggunakan satu komputer, dengan berbagai perangkat lunak (asli maupun bajakan).

Ditayangkan atas kerjasama dengan AIOLA Eatery, sebagai bagian dari Design It Yourself selama bulan Oktober.
Cek program DIY lainnya di: http://c2o-library.net/2012/09/design-it-yourself-2012-optimistactic/

DIY Screening: Press Pause Play: a film about hope, fear, and digital culture
Wednesday, October 24, 6pm
AIOLA Eatery, Jl. Slamet no. 16 Surabaya

Featuring:

  • Prinka Saraswati
  • Aprizal Nursetya (Terbujurkaku)
  • DJ Ayren Mayden

The digital revolution of the last decade has unleashed creativity and talent of people in an unprecedented way, unleashing unlimited creative opportunities.

But does democratized culture mean better art, film, music and literature or is true talent instead flooded and drowned in the vast digital ocean of mass culture? Is it cultural democracy or mediocrity?

This is the question addressed by PressPausePlay, a documentary film containing interviews with some of the world’s most influential creators of the digital era.

Screened in collaboration with AIOLA Eatery, as part of Design It Yourself held during the month of October.

Check out other DIY programmes at: http://c2o-library.net/2012/09/design-it-yourself-2012-optimistactic/

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply