Anarkisme: Perjalanan Sebuah Gerakan Perlawanan

AnarkismeSheanSheehan

Anarkisme seringkali disalahartikan sebagai sekedar “aksi liar” atau “tindakan ugal-ugalan” tanpa dasar. Dengan penuturan yang seolah bercerita (dan terjemahan yang baik oleh Robby Kurniawan), buku ini memberi pengantar singkat mengenai anarkisme. Di dalamnya kita dapati perjalanan sejarah, pikiran, dan pertentangannya, tokoh-tokoh dan buah pikiran dan gerakannya, hingga awal abad 21.

Pembaca yang sempat tumbuh besar di tahun 90-an akan merasakan gairah gerakan dan tokoh-tokoh yang mungkin pernah begitu memukau di akhir 90-an awal 2000-an seperti Zapatista, Ya Basta!, Indymedia, WTO di tahun 1999. Sheehan juga (dengan cukup bebas) dapat menarik benang merah anarkisme dalam berbagai gerakan dan produk budaya populer, dalam film-film Ken Loach, novel Ursula LeGuin, hingga Oscar Wilde.

Bagi yang tertarik pada gerakan kolektif non-hirarkis dengan pertalian keanggotaan tidak mengikat yang makin banyak bermunculan sekarang, buku ini dapat memberi perspektif sejarah dan relevansi anarkisme.  Satu buku yang ideal sebagai pengantar permulaan Seri Mengkaji Anarkisme yang diterbitkan oleh Marjin Kiri.

Selain buku ini, Marjin Kiri juga menerjemahkan dan menerbitkan Di Bawah Tiga Bendera oleh almarhum Ben Anderson, yang ia katakan sebagai percobaan astronomi politik, untuk memetakan kekuatan gravitasi anarkisme di antara nasionalisme militan yang tersebar di berbagai pelosok dunia di akhir abad 19. Juga sangat direkomendasikan, apalagi bagi yang ingin memahami lebih jauh sejarah kaitan anarkisme, anti-kolonialisme, dan globalisasi.

Satu harapan saya? Bahwa ada karya berikutnya yang dapat membahas periode setelah awal abad 21, terutama dengan munculnya raksasa-raksasa komunikasi dan informasi dan makin “tertutupnya” lanskap sistem informasi komunikasi saat ini. Di catatan akhir bukunya pun Ben Anderson membayangkan Isabelo akan semangat menjelajahi indymedia.org. Tapi sebagaimana kita tahu, indymedia telah surut dan mengalami banyak perubahan. Ada banyak peluang  dan tantangan gerakan yang berbeda dengan di awal abad 21, yang perlu kita telaah bersama.

Tersedia untuk dipinjam dari perpustakaan C2O, atau bisa juga dibeli dari toko kami.

AnarkismeSheanSheehan

Judul: Anarkisme: Perjalanan Sebuah Gerakan Perlawanan
Penulis: Sean M. Sheehan
Terbitan: Marjin Kiri, 2014 [2007]
No. panggil: 335.8 SHE Ana

Email | Website | More by »

Founding director, c2o library & collabtive. Currently also working in Singapore as a Research Associate at the Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS). Opinions are hers, and do not represent/reflect her employer(s), institution(s), or anyone else with whom she may be remotely affiliated.

Leave a Reply