Image of PERANG NAPOLEON DI JAWA 1881

Book - Paperback

PERANG NAPOLEON DI JAWA 1881



”Pertahankan Jawa, berapa pun harganya!” Itu perintah Kaisar Napoléon I kepada Menteri Kelautan dan Wilayah Jajahan Perancis Admiral Decrès, Oktober 1810. Pada awal abad ke-19 itu, di Samudra Hindia, Perancis hanya punya kekuasaan di Mauritius, Bourbon, dan Jawa. Bahkan pada masa antara 1808 dan 1811, tinggal Pulau Jawa daerah koloni Perancis yang tersisa di Asia.

Ketika menjadi Gubernur Jenderal di Jawa, Daendels berulang kali minta Napoléon mengirim pasukan bantuan untuk mempertahankan pulau itu dari serbuan Inggris. Namun, yang akhirnya dikirim adalah Janssens, Jenderal penjilat yang lebih paham ilmu logistik ketimbang ilmu perang. Ia memimpin armada compang-camping berisi pasukan pemabuk yang sama sekali tak punya disiplin. Merekalah yang ditugasi memperkuat pertahanan Perancis di Jawa.

Pada Agustus 1811, armada Inggris tiba dengan 100 kapal perang yang memadati Teluk Jakarta. Pertempuran pecah di Batavia, Meester Cornelis (Jatinegara), dan terakhir, di Jatingaleh, Semarang. Dipimpin Jenderal Auchmuty, pasukan Inggris yang terdiri dari tentara Eropa dan India, dengan mudah membuat kocar-kacir bala tentara Perancis—gabungan antara serdadu Perancis, Belanda, dan pribumi. Berakhir sudah kekuasaan Perancis di Hindia Timur.

Mengapa keinginan Napoléon untuk mengirim 10.000 pasukan ke Jawa tak pernah terlaksana? Bagaimana pula nasib sang pecundang ”Jenderal Sembako” Janssens? Dapatkan jawabnya dalam novel berlatar sejarah kolonial ini, yang berkisah tentang manusia-manusia yang berjuang dengan hati terbelah...


Ketersediaan

7431959.82 ROC PerC2O library & collabtiveTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
959.82 ROC Per
Penerbit Kompas : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesian
ISBN/ISSN
9789797095925
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this