Image of Sejarah Kecil

Book - Paperback

Sejarah Kecil "Petite Histoire" Indonesia Jilid 6



Para tokoh pelopor bak obor yang terus menyala menerangi perjalanan bangsa. Di antara mereka ada nama-nama seperti Hoegeng Iman Santoso yang selalu dikenang sebagai polisi yang jujur dan lurus; Sumitro Djojohadikusumo, bapak dan begawan ekonomi Indonesia; Maria Ulfah Soebadio, perintis perjuangan membela kaum perempuan; B.M. Diah, politisi yang juga pelopor di bidang pers nasional; hingga Miriam Budiardjo, perempuan ilmuwan perintis disiplin ilmu politik Indonesia.


Tak semua nama masih bersinar terang. Meski jasa dan pengabdian pada nusa dan bangsa tak diragukan, sebagian tak lagi dikenal generasi muda. Misalnya Mayor Wibowo, pahlawan tak dikenal yang memimpin perjuangan bersenjata di Jakarta melawan Jepang, Inggris, dan Belanda di zaman revolusi fisik. Demikian pula Saroso Wirodihardjo, pengusaha yang berjuang menentang monopoli di awal masa kemerdekaan.

Buku ini berisi cerita-cerita tentang para pelopor dalam pusaran sejarah bangsa. Ditulis apa adanya, dengan tekanan pada sisi-sisi kemanusiaan yang menyentuh, namun tetap dengan gaya yang memukau khas Rosihan Anwar. Dipersembahkan bagi kita semua, dengan harapan menjadi sumber inspirasi yang ikut menebalkan kembali rasa kebangsaan yang tengah dilanda erosi dan distorsi.


Ketersediaan

7774959.8 ANW Sej 006C2O library & collabtive (History)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
959.8 ANW Sej 006
Penerbit Penerbit Buku Kompas : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesian
ISBN/ISSN
9789797096700
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this