Cergamboree 2011

Senin 21 – Sabtu 26 Februari 2011

Lokasi: CCCL Surabaya – Granito Tile Studio – Universitas Ciputra

Pembukaan (Pameran / Forum / Film Animasi) : Jumat, 25 Februari 2011, pk. 18.00 di CCCL, jl. Darmokali 10

Bersama komunitas dan praktisi komik Surabaya, antara lain: Is Yuniarto (Garudayana, trilogi Knights of Apocalypse, Wind Rider), Yudis, Broky dan Pak Waw (101 Hantu Nusantara), Gathotkaca Studio (Grammar Surabaya), Hangga Ganiadi, Jatmiko Jatkomik, Dimas, Deden & Prita, Elwyn, kat, dkk.

Mengundang : Simon Hureau (La Boîte à Bulles – Prancis)

Dalam beberapa tahun terakhir, terlihat ada peningkatan kegairahan dan optimisme penerbitan komik di Indonesia.  Selain komik-komik baru, berbagai judul komik lama diterbitkan atau dikemas ulang.  Pegiat dan pelaku komik semakin kreatif menggunakan berbagai media.  Tidak hanya membatasi diri mereka pada format komik di atas kertas atau dalam buku, mereka makin aktif menggunakan atau berkolaborasi dengan media lainnya seperti mengangkat cerita film, mengadaptasi novel populer, menggelar pameran, mural, membuat komik dalam handphone dan lain sebagainya. Komik impor yang diterjemahkan pun menggunakan tema dan bentuk yang makin beragam.

Seperti media lainnya, definisi (atau identitas) “komik” dan “komik Indonesia” adalah suatu proses yang tidak pernah berhenti, bukan sesuatu yang baku dan murni. Seperti media lainnya pula, komik dapat memberi hiburan, “mendidik”, menjadi alat bercerita, alat imajinasi, merefleksikan sekaligus membentuk “kenyataan”, yang tidak hanya terbatas untuk anak-anak saja.  Komik dapat menceritakan (ulang) sejarah dan cerita-cerita kita.

Festival komik ”Cergamboree” yang telah dimasukkan sebagai agenda tahunan CCCL bekerjasama dengan perpustakaan C2O dan para pegiat komik Surabaya, tahun 2011 memasuki tahun ke-3. Kali ini festival mengangkat tema “Sejarah Kecil Surabaya” untuk memperkenalkan sekaligus mengeksplorasi bagaimana komik dapat digunakan untuk mengangkat dan mengolah sejarah lokal. Sejarah di sini tidak harus “sejarah besar” atau resmi, tapi juga termasuk kehidupan sehari-hari figur sejarah, cerita & foto masa lalu sesepuh atau orang tua kita, tembang, dolanan anak, cerita rakyat, hikayat, untuk kemudian diolah dalam komik yang menarik untuk khalayak umum baik dari segi cerita maupun setting latar belakangnya.

Salah satu tujuan Cergamboree adalah untuk memberi dukungan, agar komik buatan lokal makin dikenal dan diterima oleh masyarakat negeri sendiri, dan mendorong eksplorasi potensi komik. Selain itu agar terbuka jaringan dan pertukaran wawasan antara Indonesia dengan Prancis melalui kehadiran seniman komik asal Prancis pada penyelenggaraan setiap festival.

Pada ajang ini, Perpustakaan C2O mengundang sejumlah seniman komik dan studio dari Surabaya, sementara CCCL mengundang seniman komik dari  studio La boîte à Bulles Prancis, Simon Hureau, untuk berbagi pengalaman dan bertukar pendapat dengan seniman Indonesia dan publik Surabaya.  Simon juga akan singgah di Jakarta dan Denpasar dan mendokumentasikan perjalanannya di Indonesia dalam bentuk komik nantinya.

Cergamboree adalah festival komik tahunan di Surabaya ajang para komikus, desainer grafis, creative director, art director, dan berbagai insan kreatif yang berkecimpung di bidang komik dan komunikasi visual dapat bersosialisasi, mendapatkan informasi, inspirasi dan pengalaman dari praktisi luar kota dan mancanegara.  Program Cergamboree tahun ini antara lain: pameran, jumpa artis komik, workshop, peluncuran buku, talkshow, pemutaran film, menggambar komik di atas keramik granito, dan permainan seputar komik.

Penyelenggara Cergamboree 2011: CCCL Surabaya – Perpustakaan C2O

Dengan dukungan : CCF Jakarta – Alliance Française Denpasar – studio La boîte à Bulles (Prancis)

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply