Klab Baca: Have a Little Faith

Klab Baca #4: Have a Little Faith (Mitch Albom, 2009)
Jumat, 27 Januari 2012, pk. 18.00

Setelah libur Desember lalu, Klab Baca kembali berjalan! Mari bergabung membahas karya seru Mitch Albom. Teman ngobrol kali ini adalah Ary Amhir, penulis Indonesia yang Bukan Indonesia dan 30 Hari Keliling Sumatra.

Biaya Rp. 5.000, dan dapatkan:
– Freeflow tea/coffee
– Snack atau handout
– Sewa gratis buku yang dibahas (harus menjadi member)

Karya non-fiksi Albom yang pertama semenjak Tuesdays with Morrie. Have a Little Faith dimulai dengan sebuah permintaan yang sedikit aneh: seorang rabbi 82 tahun dari kota asal Albom memintanya untuk menuliskan eulogi untuknya.

Merasa tidak pantas, Albom berusaha untuk memahami sang rabbi terlebih dahulu, yang kemudian membawanya ke dalam dunia keimanan yang telah lama ditinggalkannya. Sementara, di kota asalnya, Albom menjadi terlibat dengan seorang pastor asal Detroit–bekas penjual ganja yang kini berkotbah pada orang-orang miskin dan tuna wisma di dalam gereja bobrok.

Di antara dunia yang berbeda–Kristen dan Yahudi, Afrika-Amerika dan kulit putih, miskin dan kaya, Albom mengamati bagaimana dua orang yang begitu berbeda menggunakan kepercayaan mereka untuk bertahan hidup: rabbi yang semakin tua untuk mempersiapkan kematiannya, sementara pastor yang masih muda bergantung pada kepercayaannya untuk mempertahankan keimanan dan gerejanya.

Ketika Amerika bertahan dalam masa-masa yang sulit dan orang-orang kembali kepada kepercayaan masing-masing, Mitch dan dua orang ini menjelajahi isu yang masih menjadi misteri bagi manusia ‘modern’: bagaimana kita bertahan ketika situasi menjadi sulit; apa itu hidup setelah kematian; pernikahan silang; memaafkan; meragukan Tuhan; dan pentingnya percaya di masa-masa sulit. Meskipun teks, doa dan sejarahnya berbeda, Albom menyadari ada kesatuan di antara kedua dunia tersebut, dan mungkin, di antara semua kepercayaan.

Pada akhirnya, ketika sang rabbi makin mendekati kematiannya, dan musim dingin yang keras mengancam gereja sang pastor, Albom akhirnya menuliskan euloginya, dan memahami apa yang diperjuangkan mereka selama ini: kenyamanan dari kepercayaan pada sesuatu yang lebih besar daripada diri sendiri.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply