2013 dan berbagai inisiatifnya

Makin banyak kita melihat inisiatif-inisiatif untuk mendokumentasikan dan menyebarluaskan pengetahuan sekitar. Tiap Jumat kami akan menerbitkan artikel untuk menyarikan berbagai informasi dan kegiatan yang ada. Semoga berguna!


Kumpul-kumpul berbagi cerita dan gagasan tahun ini, 16 Januari 2013. Foto: Anitha Silvia.

Mulai dari jejak Hazarmaveth, peta penyebaran Hadharim, A.R. Baswedan, Syekh Surkhati, Raden Saleh, hingga nasi kebuli, samosa, roti maryam, dan ritual henna, Adhiel Alba mendokumentasikan sejarah dan kehidupan di sekitar Kampung Arab Surabaya. Hifatlobrain Travel Institute, bekerjasama dengan Kami-Arsitek-Jengki, kembali mengakan Traveler in Residence, kali ini dengan mengusung konsep susur kampung MADcahyo, merekam dan memetakan dalam Instagram.

Bulan depan: Bintang Putra dari Orange House Studio mengajak kita untuk bersama-sama mendiskusikan buku Debt: The First 5,000 Years oleh David Graeber (9/2). Nusantara Adventure akan mengadakan presentasi untuk berbagi mengenai pengalaman mereka melakukan perjalanan di alam bebas, dengan tema ramah lingkungan (16/2). Perpustakaan UK Petra, bekerjasama dengan Center for Chinese Indonesian Studies, Yayasan Nabil, TB Petra Togamas, dan C2O library & collabtive akan menyelenggarakan bedah buku Identitas Tionghoa Pasca Soeharto: Budaya, Politik dan Media di TB Petra Togamas (22/2).

Beberapa program yang digagas dan dimatangkan: Butawarna design dan graphichapter sedang menggodok pembuatan Design Club untuk membangun dialog desain—nantikan kemunculannya dalam beberapa bulan ke depan. Hesti Istviani berharap dapat membahas berbagai hal sehubungan dengan perpustakaan, minat baca, perawatan buku, serta kaitan buku cetak dan elektronik. Dalam tahun ini, C2O berharap dapat mengembangkan klab menulis, klab pembahasan penelitian (yang sedang dalam proses), dan klab diskusi.

Yang ingin berakhir pekan, jangan lupa untuk menghadiri pentas musik £00T Tour, oleh Filastine, musik bass transnasional dari Barcelona, Jumat malam ini pk. 20.00 di Nen’s Corner. Gratis.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply