Asal-Usul Kedaulatan

AsalUsulKedaulatan-C2O

DISKUSI & BEDAH BUKU
Asal Usul Kedaulatan: Telusur Psikogenealogis atas Hasrat Mikrofasis Bernegara
bersama penulis, Hizkia Yosie Polimpung (PURUSHA Research Cooperative)
moderator: Gede Indra Pramana

Kamis, 21 Agustus 2014, pk. 18.30 WIB
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264

Mengapa negara-negara bersikeras berdaulat? Mengapa kedaulatan harus ditegakan meski dengan kenestapaan warganya sendiri maupun pertumpahan darah dengan negara-negara lain?

Menggabungkan psikoanalisis Jacques Lacan dan genealogi Michel Foucault, buku ini adalah upaya melacak asal usul gagasan paradoksal kedaulatan. Sifat paradoksal tersebut lantas ditemukan merupakan bawaan gagasan kedaulatan sejak kemunculannya pada abad ke-12. Terpapar fajar wacana Pencerahan, para raja mendambakan ke-diri-an yang utuh dan otonom. Dalam perguliran sejarah, fantasi kepenuhan diri ini diperjuangkan mati-matian hingga akhirnya melahirkan negara modern dan menjadi gagasan yang diterima universal.

Telaah yang kemudian diteruskan dengan kajian penegakan kedaulatan AS di era perang global melawan teror ini bukan hanya tajam namun juga orisinil. Dengan mengungkap kesinambungan gagasan kedaulatan semenjak kelahirannya, hasrat keutuhan diri yang melandasinya, serta lelakon kuasa yang mengartikulasikannya, penulis meretas sebuah metode yang dinamakannya psikogenealogi. Asal usul kedaulatan – sebuah isu yang genting tapi asing dikaji – terpapar bernas di dalam buku ini.

Penerbit Kepik
Jl. Nusantara A11/10, Bukit Cengkeh 1, Cimanggis, Depok, Jawa barat 16951
Telp/HP 08561286005
www.facebook.com/PenerbitKepik | kepik_ungu@yahoo.com

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply