Damar Kurung | C2O akan pindah

DamarKurung

Perihal Damar Kurung Gresik
dari Perspektif Seni Rupa, Budaya, dan Komunikasi Visual
☞ Rabu, 8 Juli 2015, pk. 18.00 – 21.00
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya

Pembicara:
1. Ika Ismurdyahwati (Penulis disertasi Damar Kurung dan Lukisan Kaca Jawa Timur)
2. Novan Effendy (Founder Damar Kurung Fest)
3. Rany Annissa Syabrina (Penyusun Tugas Akhir Buku Visual Damar Kurung )

DamarKurung Gresik adalah sebuah lampion berbentuk segi empat dengan sepasang sudut segitiga di setiap sisinya yang bergambar dan bercerita secara urut dan tematik. Sempat mencicipi masa kejayaan dan fenomenal di kancah seni rupa nasional pada rentang tahun 1990 – 2005. Namun, sepeninggal Sang Maestro Alm. Mbah Masmundari pada tahun 2005 menyisakan cerita pilu meredupnya DamarKurung Gresik.

Tepat pada 4 Agustus 2012 bergulir Festival Anak Gresik 1001 Damar Kurung, sebuah kegiatan yang digagas ana-anak muda Gresik untuk merayakan kembali kehadiran Ramadan dengan membuat, memasang dan mengkaji kembali nilai-nilai yang tertutur secara visual di Damar Kurung. Kegiatan ini mampu menarik antusiasme ribuan orang untuk turut hadir dan menjadi saksi atas keberlanjutan euforia DamarKurung di Gresik untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Salah satu dampak yang cukup terasa adalah, banyak mahasiswa dari berbagai laktar akademisi kemudan ramai mengambil Damarkurung sebagai subyek penelitian tugas akhir dan riset akademik. Rany Annissa Syabrina mengolah dan membedah visual Damar Kurung, memetakan beberapa tema; lukisan yang dibuat juga bentuk ragam motif karakter yang diciptakan.


C2O-WeAreRenovating

C2O sedang mempersiapkan rumah baru, di Jl. Dr. Cipto 22, tepat di sebelah lokasi sekarang. Sesuai dengan misinya untuk menciptakan ruang-lab kolaborasi untuk belajar, berinteraksi, dan berkarya, selain ruang perpustakaan, rumah baru ini akan dilengkapi dengan ruang kerja (co-working space), ruang rapat / lokakarya (meeting & workshop room), ruang pameran & acara (exhibition & event space), dan ruang akomodasi (residence).

Di rumah baru ini, kami berharap dapat meningkatkan jumlah maupun kualitas program dan fasilitas C2O dengan suasana yang menyenangkan. Tentunya, jika ada komentar, pertanyaan, harapan, jangan ragu-ragu menyampaikannya :)

We’re excited to prepare our new home in Jl. Dr. Cipto 22, right next to our current location. Still guided by our long-standing mission to create a collaborative lab-space to learn, interact-connect, and create, the new space will not only host a library, but also co-working space, meeting-workshop room, exhibition & event space, and residence. Let’s have the space infused with improved programs, facilities, and fun. We’d love to hear your ideas.

C2O-ARAstudio

Arsitektur dan interior rumah baru C2O dirancang bekerjasama dengan ARA Studio, salah satu firma arsitektur yang kerap bereksperimen dalam menampilkan estetika dan fungsi bahan secara apa adanya, dan aktif terlibat dalam skena desain Surabaya. ARA Studio juga merancang Historica, Society Complex, 1903, dan Büro. (Liputan mengenai ARA Studio dapat dibaca di sini.)

Our architect: Having designed Historica, Society Complex, 1903, and Büro among many others, ARA Studio is one of the most up-and-coming architecture practice. With networks in various cities, their work emphasises research-based problem solving, using material to create an adaptive architecture.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply