Urban Research Workshop | Pertigaan | Pasar Sehat | Disko Tanah

UrbanResearchWorkshop-575

Ayorek! Urban Research Workshop
Gratis, tempat terbatas dan peserta akan diseleksi.
☞ Pendaftaran: 8 Mei – 10 Juni 2016
Pelaksanaan workshop & penelitian: 20 Juni 2016 – September 2016

Ayorek! Urban Research Workshop adalah program untuk bersama-sama berlatih dan memperkuat kapasitas dalam meneliti dan memahami kota—dalam hal ini mengumpulkan dan menganalisis data mengenai kota Surabaya, untuk kemudian dapat disusun dalam platform data yang terbuka, terintegrasi, dan partisipatoris. Ayorek! bekerjasama dengan mitra-mitranya menyediakan serangkaian workshop yang terkait dengan metode penelitian, analisis data, serta pengolahan presentasi kreatif yang tepat guna.

Wilayah fokus penelitian kali ini adalah daerah Kota Lama Surabaya, yang terletak di sekitar kecamatan Krembangan, Pabean Cantian, Semampir, dan Bubutan.
Selengkapnya: http://ayorek.org/events/urban-research-workshop/

Pertigaan-c2o

Pertigaan: walking map work in progress show 
☞ 9 May 2016 – 16 May 2016
C2O library & collabtive, Jalan Dr Cipto 22 Surabaya

Pertigaan is a collaboration project by Anitha Silvia and Celcea Tifani to document the busy northern part of Surabaya—which used to be divided into three different areas: Europe, Arab, and Chinese Quarter—through a walking map. Pertigaan brings the spirit of enjoying the northern part of Surabaya through architecture, culinary, history, heritage, vernacular design, and local’s daily activities by walking. This is a work in progress and we want to show you some interesting pieces that we have found during our research stage with lots of help from locals from January until May 2016.

PasarSehat

Pasar Sehat
Jajanan sehat, sayur, buah, benih, dan olahan organik
☞  Minggu, 15 Mei 2016, pk. 09.00 – 14.00
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 22, Surabaya 60264

Biasanya, Pasar Sehat digelar tiap Minggu pertama bulan, tapi karena tanggal merah di minggu pertama dan kedua Mei, maka bulan ini Pasar Sehat akan digelar pada Minggu ketiga. Menjual kefir, madu asli, panganan bebas gluten, buah, sayur, jamu dan bahan organik lokal, dan masih banyak lagi. Setelah Pasar Sehat, kemungkinan juga akan diadakan lokakarya Happiness Inside bersama Gobind Vashdef. Hubungi kontak di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

INFO:
Instagram @SurabayaSehat
Ratu Fitri 0819 3105 7654

DiskoTanah-Mendira-575

Disko Tanah
Lokakarya pembangunan dapur komunitas KPSKA sambil rekreasi dan belajar bangunan ramah lingkungan di dusun Mendira, Jombang

Gelombang 1 :
☞ Jumat 13 – Minggu 15 Mei 2016
Opsional lokakarya saja: Sabtu 14 – Minggu 15 Mei 2016
Gelombang 2 :
☞ Jumat 20 – Minggu 22 Mei 2016
Opsional lokakarya saja: 21-22 Mei 2016

Dapur Komunitas Mendira adalah proyek sosial yang diinisiasi oleh Holopis dan bekerja sama dengan Dana SAM, Mantasa, KPSKA (Kelompok Perempuan Sumber Karunia Alam) dan Studio Akanoma. Dapur ini akan menjadi pusat pembelajaran tentang tanaman pangan liar, cara pengolahannya dan isu-isu lain terkait pangan dan pertanian. Dapur komunitas ini utamanya akan dimanfaatkan oleh ibu-ibu di dusun Mendira dan sekitarnya, dan juga oleh masyarakat umum.

Dapur ini bersebelahan letaknya dengan Kebun Pangan Liar sehingga kami ingin menunjukkan bagaimana sebuah sistem pangan yang berdasarkan pada keragaman hayati adalah sistem pangan yang menjamin kedaulatan pangan. Dapur ini dibangun dengan konsep ekologis. Kami memanfaatkan limbah air dan menampung air hujan. Sementara untuk bangunan dapur kami memanfaatkan tanah liat yang banyak tersedia di lahan.

Bangunan ramah lingkungan membutuhkan lebih banyak tenaga untuk pembangunannya. Untuk itu kami mengajak kalian semua untuk bergotong-royong membangun dapur komunitas untuk warga desa.

Info & pendaftaran:
Debrina 0821 3967 7785
Biaya pendaftaran Rp.150.000
sebagai kontribusi biaya akomodasi di rumah warga dan makanan sehat dari bahan-bahan lokal dan organik yang disiapkan oleh Mantasa dan KPSKA.
Terbatas hanya untuk 10 orang tiap gelombang.

ArisanJari5-CrochetClass

Arisan Jari #5: Crochet Class
T-Shirt Yarn Pouch dengan Agnes Shella

Sabtu, 21 Mei 2016, 14.00 – 17.00
C2O Library & Collabtive, Jl. Cipto No. 22, Surabaya

Info & pendaftaran sebelum 14 Mei 2016:
 0857 301 755 68
HTM : IDR 235,000
termasuk peralatan & materi workshop, kudapan dan minuman ringan

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply