ArtHouse Cinema: Berselubung Salju

ArtHouse Cinema
Unter Schnee (Berselubung Salju)
Sutradara: Ulrike Ottinger, berwarna, 108 menit, 2010/11
☞ Rabu, 18 Oktober 2017, 19.00 WIB

Wisma Jerman – Ruang Halle
Jl. Taman AIS Nasution 15, Surabaya

Gratis dan terbuka untuk umum.
Tidak perlu mendaftar, silakan langsung datang.

Sinopsis
Takeo dan Mako ingin melewatkan Malam Tahun Baru di kawasan bersalju. Setelah menumpang Shinkansen, kereta cepat Jepang yang sangat modern, mereka menuju ke penginapan yang terletak di hutan sunyi yang berselubung salju. Keduanya bermaksud mengikuti rangkaian upacara perayaan. Tetapi mereka kehilangan orientasi, dari segi tempat maupun waktu, dan perjalanan mereka pun menuju dari zaman sekarang ke masa lalu.

Mula-mula Ulrike Ottinger masih memperlihatkan gambar-gambar sebagaimana dibayangkan oleh kedua pelancong: Mandi di sumber air panas, berdoa dan bermeditasi di kuil, menyiapkan hidangan upacara di dapur modern, bersantap malam – tetapi tempat kedua pelancong telah digantikan oleh dua sosok perempuan, dan merekalah yang mengalami apa yang dibayangkan oleh para pelancong, sementara kedua laki-laki itu tersesat di tengah malam buta, sampai mereka akhirnya menemukan tempat berteduh di sebuah rumah terpencil.

Seorang perempuan setengah baya menghidangkan sake dan berkata mereka boleh bermalam, tetapi tidak boleh memasuki kamar tertentu. Dengan diantar oleh motif dongeng kuno tersebut, film ini langsung menuju ke zaman Edo yang telah ditelan masa, ke dunia yang penuh mitos dan rahasia; sang sutradara diam-diam melanjutkan perjalanan kedua pelancong yang tersesat, dan mengamati melalui kameranya hal apa saja dari masa lalu yang terbawa ke upacara-upacara zaman sekarang.

*Film berbahasa Jerman dengan teks bahasa Inggris

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply