Image of Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis

Book - Paperback

Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis



Di tahun 2006 ini Pramoedya Ananta Toer meninggal dan kita mewarisi sebuah ikon dan sejumlah karya. Yang belum banyak diingat, ia juga meninggalkan sebuah gagasan tentang sastra yang sebenarnya kontroversial. Realisme Sosialis.


Apakah Realisme Sosialis itu? Realisme Sosialis merupakan teori seni yang mendasarkan pada kontemplasi dialektik antara seniman dengan lingkungan sosialnya. Seniman ditempatkan tidak terpisah dari lingkungan tempat-nya berada.


Buku Pramoedya Ananta Toer & Sastra Realisme Sosialis ditulis Eka Kurniawan dengan menampilkan lintasan sejarah ide 'realisme sosialis' dalam polemik yang berlang-sung di Uni Soviet tahun 1920-an sampai 1930-an, menjelang dan sesudah ia dirumuskan. Disinggung pula bagaimana 'realisme sosialis' diterima di RRC di bawah Mao Zhe-dong. Juga tercakup pandangan teoritikus Marxis terkenal, Georg Luk?cs, dan salah satu pendiri Partai Komunis, Leon Trotsky, yang bertentangan dengan 'realisme sosialis'-nya Stalin � satu hal yang tak diperbincangkan Pramoedya. Artinya, buku ini adalah pelengkap risalah yang disusun Pramoedya, yang hampir sepenuhnya mengikuti garis rumusan Zhdanov, peja-bat tinggi Partai, besan, dan juru sensor Stalin.





Buku ini dilengkapi dengan dokumen-dokumen pen-ting yang berkaitan dengan Realisme Sosialis, seperti Surat Kepercayaan Gelanggang, Mukaddimah LEKRA, dan Manifes Kebudayaan. Tidak hanya dengan simpati, dalam buku ini Eka memandang 'Realisme Sosialis' dengan sangat kritis.





***





Buku Eka Kurniawan ini sebuah introduksi yang amat baik bagi mereka yang ingin menelaah karya Pramoedya dalam hubungannya dengan doktrin Realisme Sosialis.


Goenawan Mohamad, budayawan


Ketersediaan

8353000C2O library & collabtive (Literature & Literary Theory)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
899.2213 KURN
Penerbit KPG : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Indonesia
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this