Image of Economists with Guns: Amerika Serikat, CIA dan Munculnya Pembangunan Otoriter Rezim Orde Baru

Book - Paperback

Economists with Guns: Amerika Serikat, CIA dan Munculnya Pembangunan Otoriter Rezim Orde Baru



Pada masa Eisenhower, AS berupaya mengubah arah politik Indonesia dan menggulingkan Sukarno yang cenderung sosialis. CIA secara diam-diam menyalurkan senjata untuk para jenderal yang melancarkan serangkaian pemberontakan regional. Selama Perang Dingin, tujuan utama bantuan AS kepada Indonesia bersifat politis: memperkuat kepemimpinan militer yang antikomunis karena AS amat mengkhawatirkan manuver Soviet. CIA terus menekan lebih jauh dengan menggelar aksi-aksi rahasia yang mendasari gerakan "kudeta" militer 1965 yang didukung pemerintahan Johnson.

Selain ingin menjadikan Indonesia antikomunis, Pemerintahan Kennedy dan Johnson berkomitmen terhadap pembangunan ekonomi yang dikawal oleh militer. Kebijakan AS periode 1960-an ini muncul dari gagasan tentang modernisasi yang dikawal militer yang dikembangkan oleh para intelektual terkemuka dan para analis RAND Corporation. Mereka meyakini bahwa militer di negara dunia ketiga layak memegang tampuk kekuasaan karena militer merupakan instrumen paling efektif untuk menjaga ketertiban dan stabilitas dan selanjutnya mendorong pembangunan serta pertumbuhan ekonomi.

Washington terus mendukung pemerintahan otoriter di Indonesia, sekaligus bergantung pada kekuatan bersenjata sebagai penjamin stabilitas ekonomi dan politik negara itu. Kebijakan ini menentukan hubungan AS dengan Jakarta selama tiga puluh tahun kemudian dan amat memperngaruhi perjalanan sejarah Indonesia. Selain mengupas prosesserta dampak model pembangunan ekonomi otoritarian tersebut, Simpson juga memaparkan kekeliruan teori modernisasi militer yang menghambat upaya pencarian demokrasi serta pembangunan yang independen pasca-Perang Dingin, dan bahkan memperparah sebagian masalah utama Indonesia: korupsi, lemahnya masyarakat madani, impunitas, dan budaya kekerasan militer.

***

"Berdasarkan dokumen-dokumen pemerintah AS yang selama ini dirahasiakan, kajian mendetail ini menghadirkan pemahaman baru mengenai banyak peristiwa yang tidak diketahui umum. Buku ini merupakan sebuah sumbangan berharga bagi kajian sejarah Indonesia pascakolonial dan diplomasi Perang Dingin ASdan akan menjadi rujukan penting hingga bertahun-tahun mendatang."
--John Roosa, University of British Columbia

Translated from "Economists with guns : authoritarian development and U.S.-Indonesian relations, 1960-1968" (Stanford: Stanford University Press, 2008)


Ketersediaan

6167/C959.804 SIM EcoC2O library & collabtive (History & Geography)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
959.804 SIM Eco
Penerbit Gramedia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesian
ISBN/ISSN
978-979-22-3832-7
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this