No image available for this title

Book - Photocopy

Inventarisasi Karya Arsitektur Cina di Kawasan Pecinan Surabaya



Surabaya sebagai kota tua yang berumur lebih dari 700 tahun bertumbuh menjadi kota besar yang terdiri dari berbagai ragam bangsa. Pada masa pendudukan Belanda di kota ini, pemerintah kolonial Belanda menetapkan pembagian wilayah hunian dan aktivitas bagi mereka, berdasarkan atas kebangsaan, seperti Chinese Kamp, Maleische Kamp, Arab Kamp, dan sebagainya. Otomatis suatu daerah atau lokasi tertentu cenderung bertumbuh dan berkembang sesuai dengan ciri budaya masyarakat yang menghuni di dalamnya.

Studi tentang Lingkungan dan bangunan berasitektur cina di surabaya ini berusaha untuk menggali dan menginventarisasi tipologi bangunan apa saja yang berkembang pada saat itu, khususnya pada lokasi yang lebih lazim disebut sebagai "Pecinan"-nya kota Surabaya dan unsur-unsur apa saja yang berpengaruh pada tatanan letak dan lingkungan suatu kawasan yang berlanggang arsitektur Cina ini.

Tipologi bangunan ini kami simpulkan berdasarkan hasil survei, wawancara dan ditunjang oleh ebberapa dari literatur tentang arsitektur Cina yang berkmbang di berbagai bandar (kota dagang) baik di dalam maupun di luar negara Cina sendiri.


Ketersediaan

6980959.8231 LIL InvC2O library & collabtive (History & Geography)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - C - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
959.8231 LIL Inv
Penerbit : surabaya.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesian
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Report
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Laporan Penelitian No. 02/Pen/Ars/98 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Kristen UK Petra
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this