Budaya Bebas

 

Rabu, 30 Mei 2012, pk. 18.00
di C2O Library & Collabtive, Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264

Bersama kawan-kawan KUNCI Cultural Studies Center, Yogyakarta:
Brigitta Isabella, Syafiatudina, Antariksa

dan PHLEG Terbujur Kaku

KUNCI Cultural Studies Center mengundang anda ke bedah buku “Budaya Bebas: Bagaimana Media Besar Memakai Teknologi dan Hukum untuk Membatasi Budaya dan Mengontrol Kreativitas” karya Lawrence Lessig. Buku ini menguraikan bahwa di luar kenyataan tentang teknologi baru yang selalu mendorong juga lahirnya produk hukum baru, kini para pelaku monopoli media justru memanfaatkan ketakutan terhadap teknologi baru ini, terutama Internet, untuk membatasi gerak gagasan di ranah publik. Meskipun pada saat yang bersamaan korporasi-korporasi ini juga menggunakan teknologi yang sama untuk mengendalikan apa yang dapat dan tidak dapat kita perbuat dengan budaya. Yang menjadi korban di sini adalah kebebasan kita untuk mencipta, membangun dan akhirnya, kebebasan berimajinasi. Buku yang juga merupakan hasil lokakarya penerjemahan KUNCI tahun 2011 ini diterbitkan atas dukungan Ford Foundation Indonesia sebagai bagian dari proyek “Konvergensi Media dan Teknologi di Indonesia”.

Bulan lalu, buku ini telah dibahas di C2O juga untuk Klab Baca, dan menghasilkan banyak pembahasan dan pertanyaan yang menarik. Mari datang dan membahasnya bersama lebih lanjut!

INFO:
0858 5472 5932 / info@c2o-library.net

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future.

More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply