Sate Karak, Pasar Atom, pesepeda yang singgah, Action Sunday, La Strada

The Weekly Buzz is a weekly digest of news, events and opportunities assembled from arts and cultural communities across Surabaya and beyond.  Tautan Pekan adalah kumpulan berita, acara dan kesempatan yang diterbitkan setiap minggu.


05 Jul :Klab Sinema Atap: La Strada/Sirkus Jalanan

Jumat, 05 Juli 2013, mulai pukul 18.30 WIB
Tempat: WAFT-LAB, Pandan Green Office Lt. 2, Jl. Pandan 1A, Surabaya

La strada berkisah tentang Zampano seorang tukang sirkus keliling yang memperkerjakan Gelsomina, seorang gadis lugu yang berwajah aneh, namun berbakat, untuk ikut bersama dalam sirkus jalanan miliknya. Mereka berdua berkeliling dari satu kota ke kota yang lainnya untuk mencari uang dari setiap pertunjukkan yang mereka gelar di jalanan. Sosok Zampano yang kaku dan angkuh serta Gelsomina yang lugu dan polos seringkali mengakibatkan perseteruan di antara mereka berdua. Dalam perjalanannya, sang sutradara akan membawa kita untuk membicarakan mengenai persoalan kemiskinan, agama, sosial, serta tradisi kebudayaan Italia di masa damai pasca Perang Dunia II


07 Jul :Action Sunday 3: Mikro Mart

Minggu, 7 Juli 2013, 12.00 – 23.00
Surabaya Town Square
by Soledad & The Sisters Co, CreativeWeekend, Fakultas Industri Kreatif UBAYA, and Surabaya Town Square
FB : http://www.facebook.com/mikromart
Twitter : @mikro_mart


Catatan:
1. Mencari tempat untuk berbagi, memutar film, dsb? Cek peta ruang berbagi
2. Maaf atas kesalahan teknis dan keterlambatan e-mail pemberitahuan acara diskusi bersama sejarawan dan penulis Peter Kasenda.


Singgah dari bersepeda keliling Asia Tenggara

ast4

Cerita Ary Amhir, memberi “amunisi” dan menemani sesama pejalan, Astrid dari Jerman: Ketika melepasnya di Jalan Nyamplungan, depan kompleks Ampel pada sore yang terik itu, saya tak hendak memeluknya. Cukup berjabat tangan, lalu menepuk bahunya tiga empat kali. … “Kalau kau sudah terlalu lama berada di jalan, kau akan ketagihan untuk terus berada di jalan. Banyak kawanku para pesepeda yang terus berkeliling dunia, tak mau berhenti berjalan walau merasa lelah, karena mereka tak mampu berhenti.”


Sate Karak, hidangan baheula yang masih ada

sate-karak-06

Tidak banyak warga Surabaya yang mengetahui hidangan ini, kecuali mereka yang tinggal di daerah Surabaya Utara, khususnya Ampel dan sekitarnya. Sate karak bukan sate yang terbuat dari karak, justru tidak ada kerupuk karak di sini. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi dan jeroannya yang berukuran cukup besar, kemudian diberi bumbu. Uniknya, sate ini disajikan di atas piring bersama ketan hitam bercampur kelapa parut dan sambal bubuk. Baca lengkapnya dan tonton videonya.


Pasar Atom: dari parkir VIP sampai kolam renang

Atom-20

“Bok segitu, kasih pianyi titik laa, nanti ta’bawak dulur-dulurku sak kompi borong di sini.” Entah berapa banyak tata bahasa dan kosakata berpadu dan “bertabrakan” di sini, tapi rayuan berisi kalimat-kalimat “gado-gado” yang medhok seperti ini sangat umum dilontarkan pembeli untuk menawar harga di Pasar Atom.


Jika Anda memiliki informasi atau kegiatan acara, silakan email beserta tautan (link) halaman web ke info@c2o-library.net. Newsletter dan agenda kegiatan C2O dapat diakses di website.

If you have some information you’d like to circulate on our Weekly Buzz, please email the info and the link to info@c2o-library.net. Thank you. C2O event can be viewed online on Google Calendar.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply