Novel grafis Pram, halte Basra, peluncuran buku etnografi Dinoyo

Tautan Pekan kembali menghadirkan kumpulan berita dan cerita dari Ayorek, media dan platform yang sedang kami olah bersama berbagai individu dan komunitas untuk merekam, menghubungkan dan menyebarluaskan jejak warga dan kota Surabaya. Klik gambar untuk membaca selengkapnya.

JURNAL---RediMurti-1

JURNAL: Pramoedya Ananta Toer dalam tafsir novel grafis
Karya ini dibuat Redi, terinspirasi dari novel Pram Sekali Peristiwa di Banten Selatan. Menarik di sini bagaimana kita melihat Redi menafsirkan Pram dalam percobaan yang berani, perlu didukung dan dikembangkan. Dari proses “hanya” untuk Tugas Akhir S1 di DKV UK Petra, Redi kemudian menjadi terdorong untuk terus menerus mencari tahu berbagai hal, mempelajari sejarah, memahami bagaimana penggabungan lakon-lakon di era orde lama, orde baru dan reformasi berpengaruh pula pada nuansa penggambaran suasana di setiap panel-panel novel grafis. Mungkin ada yang berminat menerjemahkannya?


HalteBasra

“Itu halte gak fungsi banget!” dari atas kertas hingga trotoar
Dalam setahun ini kita perhatikan beberapa halte utama di Surabaya didesain ulang, dipercantik sebagai landmark branding tool. Di sisi lain, kita bingung juga karena bisnya sendiri making jarang lewat. Bahkan dengar-dengar, bisnya banyak disewakan. Mungkin ada baiknya kita sedikit menyimak serpihan cerita dari salah satu bagian kecil proses perancangan halte ini.


IMG_2011

Kota Kreatif: sejarah dan tantangannya
Apa sih itu kreatif? Bukankah semua orang dan industri pada dasarnya (harus) kreatif untuk bertahan hidup? Lantas dari mana embel-embel “kreatif” ini muncul dan ditampol di industri, ekonomi dan kota “kreatif”? Sebelum kita menelan ataupun menolaknya mentah-mentah, ada baiknya kita memahami sedikit konteks munculnya tema kreatif ini, dan berbagai tantangan yang dihadapinya.


Acara

Solidaritas Merayakan Kemerdekaan LGBT

10 Aug 2013 – 17 Aug 2013 :Bersolidaritas Merayakan Kemerdekaan

memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, kami mengajak kawan-kawan untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba. Hubungi Cing (0878 5171 1002 / cingnof@yahoo.com)


Pasar Senggol 1 Wayang orang

17 Aug 2013 :Peluncuran Pasar Senggol

Peluncuran media budaya Pasar Senggol menampilkan laporan utama Wayang Orang Ang Hien Hoo Sabtu, 17 Agustus 2013, 19.00 wib Gedung Dewan Kesenian Malang Jl.Majapahit 3


RobbiePetersSurabaya

18 Aug 2013 :Peluncuran buku: Surabaya, 1945-2010

Peluncuran dan bedah buku
Surabaya, 1945-2010: Neighbourhood, State, and Economy in Indonesia’s City of Struggle
Minggu 18 Agustus 2013, pk. 18.00-21.00
C2O library & collabtive Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264 (peta & petunjuk arah)
Bersama Robbie Peters, antropolog, University of Sydney

Buku ini menampilkan sejarah menarik Surabaya, berdasarkan penelitian etnografis Robbie di kampung Dinoyo. Dengan mengikuti tiga generasi di Dinoyo, buku ini memberi perspektif baru mengenai momen-momen penting dalam sejarah modern Indonesia, termasuk perjuangan kemerdekaan, hancurnya PKI, kampanye anti-Petrus, Kampung Improvement Project (KIP), jatuhnya Orde Baru, munculnya demokrasi, dan kampanye urban pemerintah untuk melawan terorisme dan perbaikan kota.


Poster_RoadToCustomland

18 Aug 2013 :Road to Customland

Road to Customland is the initial activity for CUSTOMLAND in November 2013.  Customland is the first Surabaya’s custom cars/motorcycle/bicycle exhibition.


Ayorek adalah suatu platform yang bertujuan untuk membantu kita mengumpulkan, berbagi dan merangkai berbagai cerita, tindakan, pertanyaan, know-how, tantangan dan solusi serta informasi acara, tempat, kegiatan, gagasan, untuk membuat Surabaya menjadi kota yang lebih beragam, berwarna dan berkelanjutan. Kita percaya bahwa banyak dari semua itu ada beredar di semua orang. (Lebih jauh perihal Ayorek)

Ayorek menerima kontribusi cerita dalam bentuk teks, foto, ilustrasi, audio atau video. Silakan membaca syarat dan ketentuannya di sini. Anda juga dapat berkontribusi dengan melengkapi peta ruang publik dan direktori komunitas Surabaya!


Ayorek! Recording the people & the city of Surabaya | Merekam warga & kota Surabaya
Comments, feedback ♥ info@ayorek.org | @ayorek_org | FB group: ayorek

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future.

More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply