Imajinasi Kebudayaan: Kompilasi Pidato Kebudayaan DKJ 1998-2013

ImajinasiKebudayaanDKJ-Surabaya

Senin, 23 Desember 2013
pk. 16.00 – 18.00
C2O library & collabtive
Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264
(peta & panduan arah)

Pembicara:
– Anitha Silvia (pegiat C2O)
– Martin Suryajaya (penyunting Imajinasi Kebudayaan)
– Mirwan Andan (penyunting Imajinasi Kebudayaan)

Mirwan Andan, salah seorang peraih Hibah KARYA!, sedang dalam proses menyelesaikan proyeknya. Awalnya, proyek ini berjudul Imajinasi Kebudayaan Pasca Orde Baru: Antologi Pidato Kebudayaan PKJ-TIM 1998-2012. Rencananya, dalam buku (yang merupakan hasil akhir proyek ini) akan ada 14 naskah pidato kebudayaan yang disampaikan oleh Amien Rais, Ali Sadikin, Azyumardi Azra, Todung Mulya Lubis, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Hidayat Nur Wahid, Ahmad Syafii Maarif, B. Herry-Priyomo, D. Zawawi Imron, I Gusti Agung Ayu Ratih, Ignas Kleden, Rocky Gerung, Busyro Muqoddas, dan Moh. Mahfud MD.

Namun, saat proyek sedang dikerjakan, DKJ (Dewan Kesenian Jakarta) mengadakan Pidato Kebudayaan 2013. Pidato Kebudayaan 2013 disampaikan oleh Karlina Supeli dengan judul “Kebudayaan dan Kegagapan Kita”. Andan lalu memutuskan untuk menyertakan pidato Karlina Supeli dalam buku yang tengah dipersiapkannya ini. Jika menengok gambar di atas, buku hasil dari proyek Andan akan berjudul Imajinasi Kebudayaan: Kompilasi Pidato Kebudayaan Dewan Kesenian Jakarta 1998-2013.

Proyek ini sendiri diinisiasi oleh Mirwan Andan (beserta Martin Suryajaya sebagai rekan kerjanya) sebagai upaya untuk meninjau pemikiran kebudayaan Indonesia kontemporer. Selain untuk mendokumentasikan pidato-pidato kebudayaan pasca orde baru, proyek ini  bertujuan untuk menyebarkan ide-ide kebudayaan dari penyampai pidato, memetakan tema-tema utama dalam perdebatan kebudayaan Indonesia, dan memantik diskusi lebih lanjut soal strategi kebudayaan Indonesia di kalangan pemikir budaya.  Proyek ini bukan hanya didukung oleh Jaringan Arsip Budaya Nusantara, tapi juga oleh Dewan Kesenian Jakarta dan Koalisi Seni Indonesia.

Menurut Andan, akan ada 3 tulisan pengantar di buku ini. Masing-masing adalah tulisan pengantar dari DKJ oleh Totot Indrarto, tulisan prolog oleh Hilmar Farid, dan tulisan pengantar dari Koalisi Seni Indonesia oleh Abduh Aziz. Imajinasi Kebudayaan: Kompilasi Pidato Kebudayaan Dewan Kesenian Jakarta 1998-2013 akan diluncurkan dan didiskusikan di tiga kota (Jakarta, Makassar, dan Yogyakarta) pada Desember 2013. 500 eksemplar buku ini akan dibagikan secara gratis kepada seluruh jaringan Koalisi Seni Indonesia dari Merauke sampai Sabang. [s.m]

INFO:
info@c2o-library.net
0856 4543 8964 (Anitha Silvia)

Email | Website | More by »

C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply