Diskusi Proklamasi | Memoar Ben Anderson

ProklamasiRekonstruksiPeranSurabaya-575

Diskusi: Proklamasi, Sebuah Rekonstruksi, dan Peran Surabaya
☞ Jumat, 12 Agustus 2016, pk. 18.30 – 21.00
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 22, Surabaya 60264

Pembicara: Osa Kurniawan Ilham
Penanggap: Mohammad Firman (Surabaya Tempo Dulu)
Moderator: Ayos Purwoaji

Telah begitu banyak buku yang ditulis mengenai kepingan-kepingan peristiwa seputar proklamasi. Serakan cerita sejarah yang ada bagaikan suatu kisah yang melompat atau tidak berada pada alur yang jelas, dengan ceceran data yang berserakan, dan seringkali bahkan dihilangkan. Dalam diskusi ini, Osa, jebolan Teknik Fisika ITS dan penulis buku Proklamasi, Sebuah Rekonstruksi, menceritakan bagaimana proses proklamasi didorong oleh gelora semangat pemuda radikal dan perdebatan panas di baliknya, terutama di balik peristiwa Rengasdengklok, dan peran Surabaya.

BenAnderson-books-c2o

Hidup di Luar Tempurung, memoar Benedict Anderson
diterjemahkan oleh Ronny Agustinus, diterbitkan Marjin Kiri
dapat dibeli dengan harga Rp 59.000,
atau dipinjam (tersedia dalam bahasa Indonesia atau Inggris)

Di buku ini, Anderson mengisahkan kehidupannya yang tak menutup diri dari dunia: latar belakang era, keluarga, dan pendidikan yang membuatnya terpapar pada asyiknya belajar bahasa dan pentingnya terjemahan; gagasan dan bacaan yang melandasi karya-karyanya yang berpengaruh panjang pada ilmu-ilmu sosial, politik, dan kebudayaan. Selain memoar, tersedia pula banyak buku-bukunya yang lain dalam bahasa Inggris ataupun Indonesia, dari hardcover sampai stensilan saku. Antara lain: Under Three Flags: Anarchism and the Anti-Colonial Imagination (Di Bawah Tiga Bendera: Anarkisme Global dan Imajinasi Antikolonial), The Spectre of Comparisons, dan Imagined Communities. Silakan cek katalog perpustakaan.

MengajukanKegiatan-C2O

Ingin mengadakan kegiatan di C2O? C2O library & collabtive adalah perpustakaan, ruang kerja (co-working) dan berkegiatan bersama yang dikelola secara swadaya. Dilandasi kesadaran semakin dibutuhkannya ruang, alat, dan materi bersama untuk belajar, bekerja, berkarya, dan berinteraksi secara terbuka dan kritis dengan beragam komunitas dan lingkungan sekitarnya. Contoh kegiatan di C2O antara lain: diskusi mengenai peran dan lintasan perempuan Hadhrami Arab di Indonesia, Pasar Sehat, pemutaran film, pentas musik, kelas Bahasa Inggris, dan banyak lagi. Bagi yang pengen mengadakan kegiatan di C2O, monggo langsung ajukan online.

Email | Website | More by »

C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply