Selamat Idul Fitri + rekomendasi bacaan

Selamat hari raya Idul Fitri 1438H. Mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan, yang disengaja maupun tidak. Mari menyambung kasih, beralas ikhlas, dan membangun solidaritas.

C2O tutup 24-30 Juni 2017. Kembali buka seperti biasa pada hari Sabtu, 1 Juli 2017. Sampai jumpa!

Bacaan apa yang cocok untuk menemani Lebaran? Beberapa hari yang lalu, Vice Indonesia meminta kami memberikan 4 rekomendasi bacaan. Susah memilih hanya 4 (dan akhirnya kami memberikan rekomendasi 6 judul), dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. relatif mudah/asyik/ringan dibaca, cocok di saat mudik yang mungkin banyak distraksi
  2. relevan dengan hal-hal yang dilakukan saat mudik, seperti bertemu keluarga dan handai taulan, menghadapi pertanyaan-pertanyaan “standar” dan juga pertanyaan-pertanyaan introspeksi terhadap diri sendiri, hehehe
  3. mencakup pilihan yang sebisa mungkin beragam: ada bahasa Inggris dan Indonesia; fiksi dan non-fiksi; dari abad, generasi yang berbeda (Zadig dari abad 17, Natsir abad 20, Entrok tentang lintas generasi); gender, serta kewarganegaraan atau asal negara yang berbeda; ada yang terjemahan ada yang langsung; ada penerbit besar, penerbit kecil, penerbit akademik dsb.

Mengingat sangat tidak meratanya penyebaran buku di Indonesia, kami masukkan juga dua judul yang dapat dibaca online (Zadig dan wawancara Suleiman Mourad dengan Perry Anderson). Bisa diunduh dan dibaca dari gadget.

Akhirnya hanya tiga dari rekomendasi C2O yang diterbitkan di Vice Indonesia (meski ada banyak rekomendasi asik dari Radiobuku (Yogyakarta), POST (Jakarta), Kineruku (Bandung) lho). Untuk melengkapi, kami pikir ada baiknya daftar rekomendasi kami yang sepenuhnya tetap diterbitkan di situs C2O, karena pilihan tiga judul di sana menjadi melenceng dengan pengantar pertimbangan kami. (Terutama poin ketiga: tidak ada keberagaman gender, pilihan bahasa, ataupun penerbit.)

Yang bertanda + adalah yang tidak dimuat Vice, yang – yang dimuat. Untuk rekomendasi yang tidak dimuat di Vice, kami beri tautan untuk membaca lebih lanjut.

+ Audrey Kahin, Islam, Nationalism, and Democracy: A Political Biography of Mohammad Natsir (Singapore: NUS Press, 2012)
+ Suleiman Mourad, a conversation with Perry Anderson, The Mosaic of Islam (London & New York: Verso, 2016)
+ Okky Madasari, Entrok (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010)
– Voltaire, Zadig (Pertama terbit dalam bahasa Prancis di tahun 1747. Versi bahasa Indonesia diterbitkan di Yogyakarta: Penerbit Oak, 2015)
– Jeremy Wallach, Musik Indonesia 1997-2001: Kebisingan & Keragaman Aliran Musik (Depok: Komunitas Bambu, 2017)
– Yusi Avianto Pareanom, Raden Mandasia: Si Pencuri Daging Sapi (Depok: Penerbit Banana, 2016)

Akhir kata, selamat membaca, selamat beristirahat, bertemu keluarga, kawan dan handai taulan untuk menjalin tali asih, dan saling memaafkan.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future.

More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply