c2o newsletter vol. 18: Design It Yourself 2011

Semua orang mendesain, ketika mereka merancang rangkaian rencana, cara, maupun aksi untuk merubah situasi yang ada sekarang, menjadi situasi yang lebih baik.   Desain adalah sesuatu yang sangat mendasari aktifitas manusia—penempatan dan pengelolaan apapun untuk mencapai tujuan yang dinginkan adalah proses desain. Pertanyaannya adalah, apa yang ingin kita tuju? Apa yang dimaksud dengan “situasi yang lebih baik”  atau “tujuan yang diinginkan”?  Bagaimana kita menuju ke sana?  Apa saja yang kita perlu kita lakukan?

Sebelum kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, mungkin pertama-tama kita perlu mengerti dulu situasi kondisi (desain) di Surabaya.   Dari pengalaman kami sejauh ini, ada beberapa keluh kesah dan pola umum yang dapat dengan mudah didengar di berbagai forum dan tempat, mulai dari yang resmi hingga warung kopi, antara lain:  Pertama, sebagai disiplin (akademis) maupun industri, usia desain masih sangat muda di Surabaya dibandingkan dengan kota rujukan lainnya.  Kedua, minimnya media dan ruang (space) yang mengakomodir komunitas, perkembangan dan dialog.  Ketiga, minimnya referensi dan dokumentasi.  Keempat, kemampuan komunikasi, presentasi yang kurang terlatih. Permasalahan-permasalahan di atas, perlu ditelaah dan ditempatkan sesuai konteksnya.  Sebagai langkah pertama untuk mencari solusi, penting bagi kita untuk meneliti, mengumpulkan, dan memetakan data untuk merumuskan permasalahan-permasalahan ini seakurat mungkin.

Untuk itu, di tahun pertama acara ini, kami mengajak semua pihak—komunitas, praktisi, akademisi, bisnis—yang berkaitan dengan desain di Surabaya untuk bersama-sama mengintrospeksi diri dan berbagi cerita menvgenai situasi kondisi masing-masing dalam satu forum.  Semua acara dilakukan tiap akhir pekan di C2O. Gratis dan terbuka untuk umum. Hasil dialog ini kemudian akan didokumentasikan sebagai publikasi pasca-acara yang harapannya dapat kemudian digunakan sebagai data untuk perumusan dan analisa permasalahan.  Kami berharap, keberadaan dokumentasi dan publikasi ini dapat sedikit membantu membuat permasalahan-permasalahan yang mungkin terasa begitu kompleks dan kabur menjadi lebih terlihat (visible) dan terwujud (tangible).  Kami percaya, dokumentasi dan referensi adalah langkah awal yang penting untuk sebuah proses: Design It Yourself. 

Agenda C2O November 2011

Catatan: Selain kegiatan-kegiatan DIY, bulan ini juga ada kegiatan lainnya, seperti IK’OL’SAN (Ikutan Ngobrol Santai), bedah buku Garis Batas oleh Agustinus Wibowo, dan Klab Buku #2 C2O yang akan membahas Harry Potter & the Deathly Hallows.  Lengkapnya, lihat jadual di bawah, atau unduh newsletter kami di :  http://www.archive.org/download/C2oNewsletterVol.18October2011/c2o-newsletter18.pdf

Minggu2 Oktober 11.00 IK’OL’SAN: IKutan ngobrOL SANtai “Dinamika Diskriminasi Tionghoa di Indonesia”
17.00 DIY Talk:Introduction to Design
19.30 DIY Screening: The Genius of Design
Sabtu8 Oktober 17.00 DIY Talk:Management of Design
19.30 DIY Screening: Objectified
Minggu9 Oktober 17.00 DIY Talk: Graphic & Branding
19.30 DIY Screening:Helvetica
Kamis13 Oktober 17.30 – 20.00 Bedah buku: Garis Batasbersama Agustinus Wibowo
Jumat14 Oktober 18.00 DIY Exhibitionopening: TempertantrumA mixtape collective exhibition
Sabtu15 Oktober 17.00 DIY Talk:Comic
19.30 DIY Screening: Beautiful Loser
Minggu16 Oktober 17.00 DIY Talk: Street Art
19.30 DIY Screening: Exit Through the Gift Shop
Selasa18 Oktober 12.00 DIY Workshop: Malaikat & Singa
Sabtu22 Oktober 17.00 DIY Talk: Fashion
19.30 DIY Screening: BIll Cunningham New York
Minggu23 Oktober 17.00 DIY Talk:Digital Media
19.30 DIY Screening: RIP! Remix
Kamis27 Oktober 18.00 DIY Exhibition opening: ATOM JARDINSolo exhibition of woodblock prints by Yudha Sandy
Jumat28 Oktober 18.00 Klab Buku C2O: Harry Potter & the Deathly Hallows
Sabtu29 Oktober 17.00 DIY Talk:Architecture & Urban Planning
19.30 DIY Screening: Visual Acoustics
Minggu30 Oktober 11.00 DIY Picnic:Zine-makers gathering
16.00 DIY Market: local crafts, 2ndhand trinkets
18.00 DIY Ideas

Email | Website | More by »

C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

6 Replies to “c2o newsletter vol. 18: Design It Yourself 2011

Leave a Reply