Ayorek, Treasure Hunting!

Sabtu, 1 September 2012, pk. 09.00 – 16.00
C2O Library & Collabtive, Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya
Pembicara: Dr. Dédé Oetomo

Surabaya memiliki banyak kekayaan berbagai cerita mengenai komunitas, tempat dan fenomena yang menarik, tapi sayang sekali cerita-cerita ini kerap kali masih berserakan, hanya diketahui segelintir orang, tidak terkumpulkan. Ayorek sebagai platform pengetahuan kota Surabaya ingin mendukung berbagai upaya menggali berbagai cerita mengenai Surabaya tersebut agar bisa dinikmati khalayak umum sebagai kekayaan bersama kota kita.

Karena itu, Ayorek membuka kesempatan bagi mahasiswa, peneliti, seniman, desainer, untuk bersama-sama menggali cerita-cerita mengenai Surabaya dengan menelusuri sejarah sosial komunitas dan fenomena kota kita. Kegiatan ini akan dilakukan melalui upaya-upaya kolaboratif yang memanfaatkan berbagai media selama 4 bulan (September 2012 – Desember 2012).

Untuk mendukung kegiatan ini, Ayorek menyediakan serangkaian workshop yang terkait dengan metode pengamatan, investigasi dan produksi kreatif setiap satu minggu sekali selama 3 bulan (September – November 2012).

Sepanjang prosesnya, peserta diharapkan aktif melakukan observasi, interaksi, dokumentasi dan evaluasi bersama guna mendukung presentasi hasil akhir yang akan dilaksanakan pada minggu terakhir Januari 2013. Selain itu, peserta akan dilatih melakukan presentasi bertahap mengenai proses penelitian dan kolaborasi mereka pada tiap sesi Cangkruk.

Partisipasi dalam kegiatan ini bersifat terbuka dan sukarela. Syaratnya: bersedia blusukan, mengenal sekeliling, dan merekamnya dalam berbagai media (tulisan, foto, audio visual).

Untuk membingkai jalannya kegiatan agar peserta memiliki bayangan dan fokus atas apa yang hendak dilakukan selama proses ini berlangsung, kami mengundang anda untuk datang ke pengantar awal penelitian oleh Dr. Dédé Oetomo, yang akan diadakan pada hari Sabtu, 1 September 2012, pk. 09.00 di C2O Library & Collabtive, Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264.

Hasil akhir dari kegiatan ini adalah publikasi cerita-cerita tersebut dalam bentuk website dan buku yang memotret Surabaya saat ini. Selain publikasi tersebut, kegiatan ini juga ingin menghasilkan penulis-penulis dan tokoh-tokoh yang peduli mengenai kota Surabaya.

Bagi yang berminat mengikuti projek ini, silahkan isi formulir pendaftaran di bawah ini, paling lambat Kamis, 6 September 2012. Pengumuman peserta yang lolos proses seleksi akan dilakukan Sabtu, 8 September 2012.

Informasi lebih rinci mengenai projek ini serta cara-cara berpartisipasi dapat dilakukan dengan menghubungi info@ayorek.org

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply