Tautan Pekan: 25 Januari 2013

Rabu lalu kami berkesempatan berbincang dengan Yuki dan Keisuke Narita, pemilik Irregular Rhythm Asylum, sebuah infoshop di Tokyo yang mengusung semangat “Do It Yourself” semenjak 2004, dengan fokus pada publikasi mandiri (zine), dan penciptaan ruang pertemuan bagi orang-orang untuk bertukar pikiran. Nantikan artikel liputan obrolan seru kami dengan Kei dan Yuki mengenai scene DIY di Jepang.

Acara akan datang: Diskusi buku Debt: the first 5,000 years (David Graeber, 2011), akan dibawakan oleh Bintang Putra, dan dibahas oleh Bayu Kuro pada 9 Februari 2013. Graeber adalah seorang antropolog dan aktivis politik yang memfokuskan pada pembahasan mengenai uang, peradaban dan kapitalisme. Silakan membaca ulasan Debt di situs Etnohistori.

ZOO, band experimental rock dari Yogyakarta, akan segera pentas di Nen’s Corner, Surabaya. Album mereka dapat diunduh gratis dari Free Music Archive, atau dapat dibeli di C2O dengan kemasannya yang spesial.

Milisi Fotocopy membuat mural di salah satu kampung Tionghoa tertua di Surabaya, Tambak Bayan. Nantikan acara mereka di tahun baru Imlek.

Senin depan, 28 Januari, pk. 13.00-17.30, Perpustakaan UK Petra bekerjasama dengan Goethe Institute dan FFPTI mengadakan Seminar Nasional Open AccessOpen access movementadalah sebuah gerakan internasional yang bertujuan untuk memastikan bahwa hasil penelitian ilmiah yang dibiayai dengan dana publik, dapat diakses ke seluruh dunia melalui Internet. Berbagai komunitas pendidikan tinggi memberikan respon yang bagus dengan menerapkan Open Access Mandates, dengan mewajibkan penulis yang berafiliasi dengan mereka untuk menerbitkan karya mereka hanya di Penerbit Open Access. Dengan semua perkembangan yang menggembirakan di bidang Open Access dan Penerbitan Ilmiah ini, kita perlu makin memahami wacana dan praktik dari Open Access, Repositori, dan Penerbitan Ilmiah, serta bagaimana isu-isu ini akan mempengaruhi perpustakaan akademik dan bagaimana mereka melayani kebutuhan informasi masyarakat pengguna perpustakaan.


Untuk mendorong perluasan informasi dan jaringan, setiap Jumat kami akan menerbitkan Tautan Pekan untuk menyarikan berbagai informasi dan kegiatan yang ada. Jika Anda memiliki informasi kegiatan acara yang ingin disebarkan di website c2o, silakan email informasi acara beserta tautan (link) halaman web ke info@c2o-library.net.

Kredit foto: Graeber from Grey Coast Anarchist News, mural oleh Milisi Fotocopy.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future.

More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

3 Replies to “Tautan Pekan: 25 Januari 2013”

Leave a Reply