Life of Pi

by
September 24, 2015 12:32  |  1 Comment

lifeOfPi

Life of Pi adalah sebuah novel karangan Yann Martel yang secara natural dapat meleburkan antara realita dan fiksi menjadi sebuah garis bias. Penjelasan yang detil serta sajian fakta-fakta yang ada dalam buku ini akan membuat pembaca merasa seakan membaca sebuah laporan jurnal ilmiah dengan detil yang otentik, namun tetap dibawa dengan bahasa yang naratif dan menghibur. Buku ini bercerita tentang perjuangan seorang anak India bernama Pi Patel yang terjebak dalam sebuah perahu yang terombang ambing di tengah samudra pasifik.

Cerita berawal dari penjelasan kisah hidup tokoh utama Piscine Molitor Patel, mulai dari bagaimana dia mendapatkan namanya hingga ke penjelasan tentang bagaimana Pi akhirnya mempunyai 3 agama, Hindu, Kristen dan juga Islam. Pi adalah seorang anak dari pengusaha kebun binatang di Pondichery -sebuah tempat bekas jajahan Perancis di selatan Madras, India-. Namun dalam perjalanan cerita, Pi sekeluarga memutuskan untuk pindah ke Kanada setelah ada gejolak politik di India yang mengancam kelangsungan bisnis kebun binatang keluarganya.

Dari sinilah plot dari cerita mulai menanjak ke fase klimaks, kapal yang ditumpangi oleh Pi dan keluarganya (dan juga para binatang) tenggelam di tengah perjalanan. Pi yang berhasil terjun ke sebuah rakit dikagetkan dengan beberapa penumpang yang tidak disangkanya. Seekor hyena, orang utan, zebra dan juga harimau bengal berbobot 450 pon. Disinilah perjalanan Pi dimulai. Bukan hanya perjalanan dalam mempertahankan hidupnya, tapi juga perjalanan spiritual antara manusia, alam dan juga tuhannya.

Sisi menarik dari buku ini adalah bagaimana penulis dapat menggambarkan latar secara detil bukan hanya secara fisik, namun juga secara emosional. Bukti fakta yang jelas dan penjelasan akan suatu subjek yang mendetil merupakan sebuah jangkar yang menarik para pembaca tenggelam di lautan kata lebih dalam. Pada awal chapter di buku ini kita juga akan dijelaskan tentang bagaimana perilaku binatang –sistem hirarki, agresivitas,lingkungan hidup- yang nantinya akan berpengaruh besar dalam perjuangan hidup Pi yang diaplikasikannya secara implisit. Selain hal tersebut, Yann Martel juga berhasil membawa pembaca untuk membandingkan dunia dari kacamata Hindu, Kristen dan Islam dan bagaimana ketiga hal kontradiktif tersebut dapat mempengaruhi Pi dalam menjalani kehidupan. Life of Pi bukan hanya sebuah cerita tentang survival of life, namun juga cerita tentang the meaning of life.

life-of-pi-e28094-book-cover1Judul: Life of Pi
Penulis: Yann Martel
Terbitan: September 2001
No. panggil: F MAR Lif

Categories: Book reviews

One Response

Feed Trackback Address
  1. […] hari ini, tapi akan kembali buka seperti biasa besok. Untuk menemani libur, silakan membaca ulasan Life of Pi (Yann Martel) dan Kitchen (Banana Yoshimoto). Ikuti Instagram, Facebook atau Twitter C2O untuk […]

Leave a Reply


Subscribe

Daftarkan email untuk menerima berita
Subscribe to receive email updates

Archives


Book reviews »
rumahkertascarlosdominquez-575x350
Rumah Kertas
Carlos María Domínguez
by Ivana Kurniawati
Meski tipis dan mampu dilahap sekali duduk, kisah ini (dan bagaimana penulis menceritakannya) mampu ...
Film reviews »
invitation05
Invitation
Affan Hakim, 2011
by Iman Kurniadi
Sebuah movie screening patut saya ikuti karena biasanya saya bertemu dengan para movie mak...
Music reviews »
Deugalih. Foto: Denan Bagus (akudenan.wordpress.com)
Guyonan Intim dan Syahdunya Tur ‘Monster of Folk’ di Surabaya

by Debby Utomo
Project yang dibawakan oleh Rayhan Sudrajat, Deugalih, dan Ledakan Urbanisasi ini menyadarkan saya b...
Download »
ronascent2_outtatime
Outtatime
Ronascent
by c2o library & collabtive
Ronascent, salah satu media musik online yang berbasis di Surabaya, kembali menerbitkan kumpulan ...
Event »
pasardjenggot575x350
Pasar Djenggot vol. 1

by c2o library & collabtive
Pasar Djenggot ☞ Minggu, 11 Desember 2016, pk. 15.00 – 18.00 di c2o library & collabti...

Twitter

Latest stories curated by Ayorek!, connecting the people & the city of Surabaya