#SaferInternetDay | Lokakarya Hak Cipta & Lisensi Creative Commons

Hari ini adalah hari Internet Aman, Safer Internet Day, yang diadakan tiap tanggal 6 Februari. Untuk itu, C2O, yang kini berada di bawah naungan organisasi nirlaba PERIN+1S, mengadakan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas dalam penggunaan internet yang aman dan mawas diri.  Tidak hanya dari segi penggunaan teknologi, tapi juga dari segi hukum, serta hak berekspresi dan bekerja dengan sehat dan selamat.


Cukup aman kah situasi keamanan berinternet di Indonesia yang memiliki jumlah pengguna internet mencapai 132,7 juta orang ini? Seberapa aman dan siap kah 130 juta pengguna media sosial aktif di negara ini dalam menghadapi berbagai tantangan berinternet; seperti hoax bermuatan politik, ujaran kebencian, dan persekusi? Di tengah memburuknya indeks kebebasan ekspresi di Indonesia seperti yang tertuang dalam laporan Freedom on the Net 2017, bagaimana dengan keamanan seseorang saat ia menyampaikan pendapatnya? Simak panduan mengenali dan tips mengatasi ancaman keamanan di Internet, oleh Damar Juniarto, koordinator SAFEnet.

※

Lokakarya Lisensi Creative Commons &
Perkenalan Program Training of Trainers
☞ Senin, 19 Februari 2018, pk. 16.00 – 18.00
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 22 Surabaya
bersama Hilman Fathoni, Konsultan Lisensi Creative Commons Indonesia

CAKUPAN MATERI LOKAKARYA:
– Dasar-dasar hak cipta;
– Fungsi sosial hukum hak cipta;
– Penerapan lisensi Hak Cipta;
– Konsep lisensi terbuka;
– Pendalaman ketentuan lisensi Creative Commons;
– Contoh penerapan lisensi CC pada tiap bidang keterbukaan;
– Cara mencari ciptaan berlisensi Creative Commons secara daring.

YANG DIDAPATKAN PESERTA:
• Kesempatan mendapatkan 15 paket beasiswa sertifikasi ahli lisensi Creative Commons dengan nilai total 30 juta rupiah;
• Kesempatan berangkat ke Kanada dan mengikuti Creative Commons Global Summit 2019 untuk 3 orang kandidat pelatih dengan nilai terbaik dari 15 kandidat pelatih penerima beasiswa sertifikasi;
• Menjadi kontak resmi untuk lokakarya lisensi Creative Commons di situs web Creative Commons International.

GRATIS, TEMPAT TERBATAS.
Pendaftaran: https://s.id/lokakaryaCCIDSUB
Pendaftaran ditutup 16 Februari 2018. Peserta yang terpilih akan dihubungi melalui email yang dicantumkan di bawah selambat-lambatnya 17 Februari 2018.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply