Stop-Motion

Selama bulan Desember 2010, kami menyuguhkan dua film animasi stop-motion menarik untuk Anda, tanpa diskusi di TV kecil kami.  Tonton cerita-cerita H.C. Andersen dan alegori negara totaliter dalam teater boneka dalam The Puppet Films of Jiri Trinka, atau saksikan animasi khas Tim Burton tentang penduduk kota Halloween yang nyasar ke kota Natal dalam The Nightmare before Christmas.  Selamat menikmati bersama keluarga, dan nantikan pemutaran dan diskusi film tahun depan!

The Puppet Films of Jiri Trnka

Pemutaran: Sabtu, 11 Desember 2010, ,17.30

Terlahir di tahun 1912 di Bohemia, sutradara, penulis dan pembuat boneka Jiri Trnka telah membuat banyak karya-karya terkenal di kalangan animator dan teater.  Koleksi film ini mencakup karya-karya terkenalnya: “The Emperor’s Nightingale” berdasarkan cerita Hans Christian Andersen dan dinarasikan oleh Boris Karloff.  Jangan lewatkan juga “The Hand”, alegori negara totaliter yang memantau segala kegiatan si boneka pemahat.

Daftar judul:
The Emperor’s Nightingale (1951, 67 min.), The Hand (18 min.), The Story of the Bass Cello (13 min.), A Merry Circus (11 min.), A Drop Too Much (14 min.), The Song of the Prairie (21 min.), Jiri Trnka: Puppet Animation Master documentary (12 min.).

“Trnka—the name is the sum of childhood and poetry.” Jean Cocteau

Film ini adalah hadiah dari Ariani Darmawan, Rumah Buku & Kineruku.

The Nightmare before Christmas

1993 | Amerika | 75 menit | Warna | Bahasa Inggris, teks Inggris

Pemutaran: Sabtu, 18 Desember 2010, 17.30

Kota Halloween adalah dunia mimpi yang dihuni oleh monster, hantu, goblin, vampir, manusia serigala dan penyihir. Jack Skellington (“Sang Raja Labu”) memimpin mereka dalam perayaan mencekam tiap Halloween, tapi dia sendiri sudah jenuh dengan rutinitas yang sama dari tahun ke tahun. Saat berjalan-jalan di hutan pinggir kota, dia tidak sengaja membuka portal ke “Kota Natal.”

Terpesona dengan atmosfer Natal, Jack memaparkan penemuan dan pemahamannya (yang terbatas) mengenai liburan tersebut kepada penduduk kota Halloween.  Mereka gagal mengerti maksud Jack dan membandingkan apa yang dia katakan dengan ide mereka mengenai Halloween. Dia terpaksa setuju dan mengumumkan bahwa mereka akan merampas Natal. Jack menaiki kereta kuda berbentuk peti mati yang ditarik tengkorak-tengkorak rusa dan mengantarkan hadiah-hadiah mengerikan.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply