Klab Baca: Raja, Priyayi, Kawula
-->

Ayorek

by
March 21, 2012 09:20

 

Minggu, 25 Maret 2012, pk. 16.00
di C2O, Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264
(peta lokasi bisa dilihat di: http://c2o-library.net/about/address-opening-hours/)

Pembicara:

  • Timoticin Kwanda (Arsitektur &  Konservasi, UK Petra)
  • Jimmy Ofisia
  • Kathleen Azali

Ayorek adalah suatu platform yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengorganisasi pengetahuan-pengetahuan mengenai Surabaya, serta menampilkannya dalam berbagai format yang menarik dan lebih mudah diakses seperti infografik, komik, video, dsb.. Ayorek bertujuan untuk dibangun dengan menggunakan perkembangan dan kemudahan teknologi informasi di masyarakat dalam membangun infrastruktur awal untuk mendorong terjadinya proses diseminasi, interaksi, kolaborasi antar individu dan komunitas Surabaya, yang kemudian juga mendorong penciptaan pengetahuan mengenai Surabaya yang lebih kaya dan bervariasi.

————-

Pengetahuan mengenai kota Surabaya saat ini secara umum masih didominasi produksi dan distribusinya oleh sebagian kecil lembaga dan media massa arus utama. Berbagai produksi pengetahuan yang dilakukan secara mandiri oleh individu-individu dan komunitas-komunitas sering kali tidak tersebarkan di luar entitas masing-masing. Terjadi ketimpangan produksi, distribusi dan pemanfaatan pengetahuan di tingkat bawah, dan pengetahuan menjadi terbatas pada “itu-itu saja”.

Ada rasa frustasi karena komunitas-komunitas kecil ini menghadapi infrastruktur (misalnya seperti ruang publik ) yang minim (atau belum teridentifikasi) dari segi kuantitas, kualitas dan aksesibilitas. Berbagai inisiatif terhambat karena keterbatasan kemampuan dan sumber daya. Sementara kesempatan berinteraksi dan berkolaborasi untuk saling melengkapi dan menghimpun kekuatan dalam membuat suatu inisiatif kerap kali terlewatkan, karena permasalahan utama: ketidaktahuan dan ketidakterhubungan.

Ayorek adalah suatu platform yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengorganisasi pengetahuan-pengetahuan mengenai Surabaya, serta menampilkannya dalam berbagai format yang menarik dan lebih mudah diakses. Ayorek bermaksud menggunakan perkembangan dan kemudahan teknologi informasi di masyarakat dalam membangun infrastruktur awal untuk mendorong terjadinya proses diseminasi, interaksi, kolaborasi antar individu dan komunitas Surabaya, yang kemudian juga mendorong penciptaan pengetahuan mengenai Surabaya yang lebih kaya dan bervariasi. Ayorek tidak bermaksud membuat satu entitas baru, tapi lebih menjadi platform berjejaring yang menghubungkan dan memfasilitasi produksi pengetahuan berbagai individu dan komunitas, beserta ide dan kapasitas masing-masing.

*Gratis & terbuka untuk umum

INFO: Kathleen Azali
SMS: 0858 5472 5932
Email: info@c2o-library.net 

Categories: EventHighlightTalk&Sharing
Tags:

: C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net
Email this author | Visit author's website | All posts by

Leave a Reply


Subscribe

Daftarkan email untuk menerima berita
Subscribe to receive email updates

What’s On

Archives


Book reviews »
rumahkertascarlosdominquez-575x350
Rumah Kertas
Carlos María Domínguez
by Ivana Kurniawati
Meski tipis dan mampu dilahap sekali duduk, kisah ini (dan bagaimana penulis menceritakannya) mampu ...
Film reviews »
invitation05
Invitation
Affan Hakim, 2011
by Iman Kurniadi
Sebuah movie screening patut saya ikuti karena biasanya saya bertemu dengan para movie mak...
Music reviews »
Deugalih. Foto: Denan Bagus (akudenan.wordpress.com)
Guyonan Intim dan Syahdunya Tur ‘Monster of Folk’ di Surabaya

by Debby Utomo
Project yang dibawakan oleh Rayhan Sudrajat, Deugalih, dan Ledakan Urbanisasi ini menyadarkan saya b...
Download »
ronascent2_outtatime
Outtatime
Ronascent
by c2o library & collabtive
Ronascent, salah satu media musik online yang berbasis di Surabaya, kembali menerbitkan kumpulan ...
Event »
tukarobralbacabuku-575x350
Baca, Obral & Tukar Buku

by c2o library & collabtive
Baca, Obral & Tukar Buku Lapak buku murah untuk membeli dan bertukar buku ☞ Sabtu, 10 Desembe...

Twitter

Latest stories curated by Ayorek!, connecting the people & the city of Surabaya