Reportase: MSW #9 Mengirim Kartu Pos
-->

Cergamboree 2012

by
April 18, 2012 10:21


Pameran – Peluncuran Komik – Workshop – Pemutaran Animasi
Festival Komik CERGAMBOREE 2012
Tanggal: Kamis 10 – Sabtu 12 Mei 2012
Lokasi: Institut Francais d’Indonesie (IFI) Surabaya — Granito Tile Studio
Penyelenggara: IFI Surabaya –C2O – La boîte à Bulles – Alliance française

Pembukaan pameran : Kamis 10 Mei 2012, pk. 18.30
Institut Francais d’Indonesie (IFI) Surabaya
Jl. Ratna No.14, kompleks AJBS blok C2
Surabaya, Indonesia 60265

Memasuki tahun keempatnya, Cergamboree adalah festival komik tahunan di Surabaya di mana para komikus, animator, desainer grafis, seniman, creative director, art director, dan berbagai insan kreatif yang berkecimpung di bidang komik,  dan komunikasi visual dapat bersosialisasi, mendapatkan informasi, inspirasi dan pengalaman dari praktisi luar kota dan mancanegara.  Pada ajang ini, Pusat Kebudayaan Prancis, IFI (dulu CCCL) Surabaya mengundang peserta tamu asal studio La boîte à Bulles Prancis, Joël Alessandra, untuk berbagi pengalaman dan bertukar pendapat dengan artis dan publik Indonesia, sementara Perpustakaan C2O mengundang sejumlah artis dan studio komik Indonesia.  Mereka akan meramaikan berbagai acara Cergamboree, antara lain: pameran, comic market, jumpa artis komik, workshop, peluncuran komik, talkshow, pemutaran film, dan permainan seputar komik lainnya.

Talkshow komik kali ini diramaikan oleh peluncuran dan sharing behind the scenes komik The Raid yang diterbitkan berbarengan dengan filmnya yang menggencar perfilman Indonesia, bahkan mancanegara. Salah satu comic crew dari film ini tidak lain adalah John G. Reinhardt, arek lama dunia perkomikan Surabaya, hadir bersama Ronny Amdani dari penerbit Curhat Anak Bangsa (CAB) yang telah membidani berbagai komik laris manis lainnya.

Sementara tema pameran Cergamboree tahun ini adalah “Sequence of Your Life”, untuk memperkenalkan sekaligus mengeksplorasi bagaimana komik dapat digunakan untuk mengangkat dan mengolah kehidupan kita sehari-hari, dan tentunya, kehidupan dan interaksi sekitar kita.  Ini bisa menggambarkan tempat dan suasana cangkruk yang biasa kita lakukan, tempat kerja, pasar yang biasa kita datangi, lingkungan sekitar, tetangga yang tidak pernah kita kenal baik, dsb.  Tema ini diharapkan mendorong kita untuk mengenal sedikit sekitar kita.  Tantangannya adalah bagaimana cerita dan visual ini kemudian diolah dalam komik 1 halaman yang mengangkat kehidupan sekitar dan budaya lokal kita dengan format yang menarik.

Sebagai penutup manis, Cergamboree 2012 kembali diramaikan lagi oleh Surabaya AnimNation, program yang menampilkan maraton animasi pendek (1-8 menit) yang digagas oleh Gathotkaca Studio dan kawan-kawan INFIS dan sinematografi Airlangga.

Meningkatnya  kegairahan dan optimisme penerbitan komik di Indonesia semakin terasa dalam beberapa tahun terakhir ini.  Selain komik-komik baru, berbagai judul komik lama diterbitkan atau dikemas ulang.  Pegiat dan pelaku komik semakin kreatif menggunakan berbagai media.  Tidak hanya membatasi diri mereka pada format komik di atas kertas atau dalam buku, mereka makin aktif menggunakan atau berkolaborasi dengan media lainnya seperti mengangkat cerita film, mengadaptasi novel populer, menggelar pameran, mural, membuat komik dalam handphone dan lain sebagainya.

Salah satu tujuan “Cergamboree” adalah untuk memberi dukungan, agar komik buatan lokal makin dikenal dan diterima oleh masyarakat negeri sendiri. Selain itu, kami ingin dapat membuka jaringan dan pertukaran wawasan antara Indonesia dengan Prancis melalui kehadiran tamu seniman asal Prancis tersebut, serta meningkatkan kolaborasi dari berbagai bidang maupun lokasi.

Jangan lewatkan berbagai program menarik Cergamboree, Kamis 10 – Sabtu 12 Mei 2012! Untuk mengikuti updatenya, kunjungi:
http://cergamboree.c2o-library.net 

Categories: EventHighlight
Tags:

: C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net
Email this author | Visit author's website | All posts by

Leave a Reply


Subscribe

Daftarkan email untuk menerima berita
Subscribe to receive email updates

What’s On

Archives


Book reviews »
rumahkertascarlosdominquez-575x350
Rumah Kertas
Carlos María Domínguez
by Ivana Kurniawati
Meski tipis dan mampu dilahap sekali duduk, kisah ini (dan bagaimana penulis menceritakannya) mampu ...
Film reviews »
invitation05
Invitation
Affan Hakim, 2011
by Iman Kurniadi
Sebuah movie screening patut saya ikuti karena biasanya saya bertemu dengan para movie mak...
Music reviews »
Deugalih. Foto: Denan Bagus (akudenan.wordpress.com)
Guyonan Intim dan Syahdunya Tur ‘Monster of Folk’ di Surabaya

by Debby Utomo
Project yang dibawakan oleh Rayhan Sudrajat, Deugalih, dan Ledakan Urbanisasi ini menyadarkan saya b...
Download »
ronascent2_outtatime
Outtatime
Ronascent
by c2o library & collabtive
Ronascent, salah satu media musik online yang berbasis di Surabaya, kembali menerbitkan kumpulan ...
Event »
pasardjenggot575x350
Pasar Djenggot vol. 1

by c2o library & collabtive
Pasar Djenggot ☞ Minggu, 11 Desember 2016, pk. 15.00 – 18.00 di c2o library & collabti...

Twitter

Latest stories curated by Ayorek!, connecting the people & the city of Surabaya