One Billion Rising Surabaya

Pemutaran film & diskusi One Billion Rising

Senin, 11 Februari 2013, pk. 19.00 – 21.00 WIB
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264 (lihat peta di sini)
Bersama One Billion Rising Surabaya

Peringatan Hari Kasih Sayang semakin dirayakan dengan meriah oleh lebih banyak orang. Ironisnya, PBB mengeluarkan data statistik yang menunjukan bahwasetidaknya satu dari tiga perempuan di muka bumi ini mengalami kekerasan/ pemerkosaan dalam hidupnya.1 Itu berarti satu milyar perempuan yang mengalami hal tersebut, seperti yang disampaikan olehEve Ensler,seorang penulis perempuan yang banyak bergelut dengan tema dan kisah tentang perempuan. Salah satu bentuk kepeduliannya diwujudkan dengan dibentuknya V-day Organization yang terus menyuarakan penghentian kekerasan terhadap perempuan.

Melihat kenyataan yang dipaparkan di atas, Eve berpikir bahwa sudah saatnya gerakan ini melakukan sesuatu yang lebih. Perlu terus diingatkan pentingnya kesetaraan jender yang menjadi cikal bakal hubungan yang saling menghormati antara laki – laki dan perempuan. Bagi para perempuan yang selama ini menerima perlakuan tidak adil sebagai kenyataan, perlu diingatkan bahwa dirinya berharga dan tidak selayaknya diperlakukan demikian. Perlu diingatkan bahwa mereka mampu keluar dari ketakutan yang dialami. Bagi yang tidak mengalami perlu untuk saling merefleksi pentingnya saling menghormati dan mencintai sesama.

Lahirlah One Billion Rising (Satu Milyar Bangkit), suatu kampanye internasional oleh perempuan bagi perempuan yang menyuarakan harapan bagi satu milyar perempuan yang harus mengalami kekerasan/pemerkosaan dalam hidupnya.Meski sangat terfokus pada perempuan, gerakan ini juga mengajak para laki-laki yang peduli dan mencintai perempuan untuk berperan serta.Tercatat 194 negara bersama- sama bergerak untuk melakukan kampanye ini, dengan Laos diumumkansebagaipesertaterbarupada 2 Februari. Tarian menjadi bentuk untuk menyuarakan ketidaksetujuan terhadap kekerasan tersebut.

Acara ini akan terlebih dahulu dimulai dengan menonton sebuah film pendek Maya Raya Daya, bercerita tentang kisah perempuan Jawa tiga generasi dan penderitaannya sebagai seorang istri. Diskusi bertema Perempuan dan Cinta Diri. Setelah acara, akan ada sosialisasi acara Flash Mob massal yang akan diadakan tgl 14 Februari 2013 di Taman Bungkul Surabaya.

INFO:
Twitter: @OBR_Surabaya
www.facebook.com/obr.surabaya
onebillionrisingsurabaya.tumblr.com
obr.surabaya@gmail.com

Email | Website | More by »

C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply