Ikhtiar Aktivasi Ruang Khalayak

 

BokCinta-C2O-575

Pemutaran film & peluncuran katalog pasca-acara
Ikhtiar Aktivasi Ruang Khalayak
☞ Jumat 7 Agustus 2015, pk. 19.00 – 21.00
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 22, Surabaya, Indonesia 60264

Pemantik
Adin (kurator Bok Cinta)

Penanggap
– Adhiel Albatati (Arabische Kamp / Kampung Arab Surabaya)
– Kenta Kishi (Architect / Co-director of Orange House Studio)
– Kentaro Taki (Video Artist, NPO VIDEOART CENTER Tokyo)
– Rie Saito (Art-Sociologist, Ph.D. Candidate, Waseda University)

‘Bok Cinta’ Project merupakan sebuah proyek seni yang diadakan di Kampung Bustaman, Purwodinatan, Semarang Utara. ‘Bok Cinta’ sendiri merupakan idiom yang diciptakan para remaja Bustaman yang tergabung dalam Ikatan Remaja Bustaman (IRB) untuk menamai sebuah tempat tongkrong mereka di salah satu sudut gang mereka yang cukup sempit.

Secara fisik, ‘Bok Cinta’ berupa bangunan terbuat dari bata dan semen di teras salah satu warga dengan lebar 60 centi meter dan panjang 3 meter. Bangunan demikian dalam istilah Jawa disebut ‘Bok’ yang fungsinya sebagai tempat duduk-duduk atau tongkrong. Di sinilah para remaja sering berkumpul untuk sekedar menggosip, bertemu teman, atau melakukan aktivitas lain. Kebiasaan berkumpul ini menciptakan rasa saling memiliki, solidaritas, dan sesekali menghasilkan ide kreatif. Atribut ‘Cinta’ sesudah ‘Bok’ lebih berdimensi psikis dan menimbulkan citra positif dari kegiatan itu.

Ketiadaan ruang publik yang memadai di tempat itu membuat situs ‘Bok Cinta’ menjadi pengganti ruang publik layak yang semestinya dimiliki warga. Dalam project ini, ‘Bok Cinta’ dimaknai lebih jauh sebagai kehausan masyarakat dalam mengakses ruang publik. Proyek ini menantang para seniman untuk memaknai ulang ruang publik sebagai tempat berkumpul, membangun solidaritas, dan menyatakan gagasan. ‘Bok Cinta’ dipilih sebagai ide dasar bagi keseluruhan program yang dijalankan di sepanjang gang di Kampung Bustaman.

INFO:
Hysteria
Jl. Stonen No. 29, Bendanngisor
Gajahmungkur – Semarang
+62 857-2708-8235
mbuh.adin@gmail.com

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply