Damar Kurung 1 Dekade Sepeninggal Masmundari

DamarKurung-Masmundari_C2O_575

Damar Kurung: Dekade Sepeninggal Masmundari
☞  Jumat, 18 Desember 2015, pk. 18.30 – 20.30
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 22

DamarKurung Festival merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk merayakan bulan ramadhan dengan membuat, memasang, mengkaji kembali nilai-nilai luhur tradisi DamarKurung Gresik. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-5 Damar Kurung Fest tahun 2016 nanti, akan kembali digelar di 3 Kota, yaitu, Gresik, Surabaya dan Yogyakarta dengan mengusung Dekade Sepeninggal Masmundari.

Diselenggarakan sejak tahun 2012 hingga tahun 2015, DamarKurung Festival merajut antusias masyarakat untuk meneruskan tradisi memasang DamarKurung di teras rumah, menciptakan pengetahuan dan memproduksi karya baru DamarKurung melalui tugas akhir, disertasi, ragam karya seni kontemporer, serta workshop di sejumlah sekolah dan perguruan tinggi.

Masmundari dikenal publik sejak dimulai karya lukisan DamarKurungnya dipamerkan kali pertama di Bentara Budaya Jakarta pada tahun 1987. Sebagai satu-satunya pelukis Damarkurung yang tersisa pada zamannya, Masmundari menjadi legenda hari ini. Tahun 2015 ini bertepatan dengan 10 tahun sepeninggal Masmundari.

Kepergiannya pada 24 Desember 2005 silam di usia 100 tahun lebih, menjadi duka yang mendalam di jagat seni rupa indonesia. Sejak itu pula, DamarKurung perlahan kian meredup dan menjadi artefak seni rupa yang seolah temaram. Masmundari dengan segala pencapaiannya seolah terlupakan dari ranah seni rupa Indonesia selama satu dekade terakhir.

Siapa Masmundari? Apa itu DamarKurung? Kesenian dari Gresik? Pertanyaan-pertanyaan itu perlu dijawab dengan upaya serius untuk kembali mengingatkan kepada generasi muda di Indonesia, bahwa Indonesia memiliki banyak lentera tradisional yang otentik, serta tradisi menyalakan dan melindungi cahaya bagian dari budaya dan ritual masyarakatnya.

Lebih daripada itu, adalah Masmundari sosok pelaku seni (meski tanpa disadari) yang bersahaja dan inspiratif, telah bersusah payah bertahan dan konsisten, melestarikan dan melahirkan karakteristik seni lukis pesisir di lentera yang kedudian dikenal dengan DamarKurung.

INFO
Gresikuseru / Damar Kurung Fest
082132234999 (Novan Effendy)
www.damarkurungfest.com / Damar Kurung Fest / @damarkurungfest
info@damarkurungfest.com

Email | Website | More by »

C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply