Digital Indonesia | Aku & Kotaku | Juragan Style | Pasar Sehat

anuindonesiaupdate2016-digitalindonesia2

Indonesia Update 2016: Digital Indonesia 
16 – 17 September 2016
Australian National University (ANU), Canberra

Salah satu tim kami diundang sebagai pembicara mengenai berbagai proses, peluang, dan tantangan digitalisasi dalam pendidikan, perpustakaan, dan pengarsipan dalam Indonesia Update — konferensi tahunan yang diselenggarakan sejak 1983 oleh ANU. Di Indonesia, platform digital telah digunakan untuk mengatur aksi massa, membantu pemantauan pemilu, memberi ruang yang berbeda untuk berpendapat dan berekspresi, dsb. Digitalisasi telah berdampak pada industri media, bank, lembaga polling, jaringan terorisme, bantuan bencana dan perencanaan kota, serta pendidikan, pekerjaan, aktivisme politik, produksi artistik dan banyak lagi. Tantangan dan peluang apa yang dibawa digitalisasi ke pemerintahan Indonesia, serta politik, kebijakan, budaya dan masyarakat secara lebih luas? Bagaimana Indonesia bisa menjembatani ‘kesenjangan digital’? Dapat perekonomian digital memenuhi janjinya? Menampilkan berbagai pembicara seperti Onno Purbo, Michele Ford, Usman Hamid, Emma Baulch, Chatib Basri, Yanuar Nugroho, Eve Warburton, Martin Slama, Budi Rahardjo, dsb. Simak selengkapnya (livestream, abstrak, profil) di situs New Mandala.

workshopakukotakupertigaanmap-575

Program pendukung Aku dan Kotaku: Workshop Berjalan Kaki di Surabaya Utara
bersama Anitha Silvia & Celcea Tifani (Pertigaan Map)
☞ Senin, 19 September 2016, pk. 19.00
Wisma Jerman, Jl. Taman AIS Nasution 15, Surabaya

Seperti yang kita tahu, Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang menyajikan kemajemukan suku dan bahasa daerah. Selain itu, jika ditilik dari sisi sejarah dan arsitektur, Surabaya adalah kota dimana banyak sekali bangunan kuno berdiri, mulai dari yang bergaya Eropa, maupun oriental. Bangunan semacam ini bisa ditemui dengan mudah terutama di Surabaya bagian utara. Tetapi bagaimana cara kita untuk bisa menikmati kota lama Surabaya dengan mudah? Tempat apa saja yang bisa dikunjungi di sana? Kini hadir Pertigaan Map untuk menjawab pertanyaan itu. Anitha Silvia dan Celcea Tifani akan memperkenalkan Pertigaan Map kepada kalian dalam acara ini.

juraganstyle-575Presentasi & Diskusi Arsitektur
Program Residensi Jengki Madura
☞ Rabu, 21 September 2016, pk. 18.00 – 21.00
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 22, Surabaya

Pembicara:
Eka Mulyawan (Denpasar)
M. Darman (Kendari)
Wilfrid A. W. (Nagekeo)

Kwangsan Kunstkring bekerjasama dengan IAI dan Kami Arsitek Jengki mengadakan sebuah program residensi pengarsipan arsitektur di wilayah Kapedi dan Prenduan, Sumenep. Pada dua desa tersebut, terdapat banyak peninggalan bangunan bergaya jengki, milik para juragan tembakau yang pernah berjaya di tahun 1960-1970an. Presentasi dan diskusi ini mengungkapkan beberapa temuan yang diperoleh para peneliti di lapangan, yang memperjelas perbedaan tipologi bangunan jengki di Madura dengan yang umum ditemui di Jawa, yang kemudian—secara arbitrer—kami sebut sebagai gagrak Juragan (Juragan style).

pasarsehatoktober

Pasar Sehat
di C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 22, Surabaya 60264
☞ Minggu, 2 Oktober 2016, 09.00 – 12.00

Surabaya Sehat kembali menghadirkan Pasar Sehat di minggu pertama Oktober. Menyajikan jajanan segar, sayur, buah, benih, dan olahan organik lokal. Jangan lupa menandai kalendermu, dan membawa kantong belanja dan peralatan makan dari rumah demi mengurangi sampah :)

Email | Website | More by »

C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply