Nobar & penggalangan dana The Bajau

Pemutaran film & Penggalangan Dana The Bajau
Rabu, 22 Januari 2020, pk. 18.30 – 20.30
di C2O, Jl. Dr. Cipto 22, Surabaya
Narasumber: Dr Herlambang Wiratraman, Human Rights Law Studies, Universitas Airlangga

Terbuka untuk umum. Donasi sukarela untuk warga Bajau.


November 2014, sekitar 500 warga Bajau (Bajo) ditangkap aparat Indonesia di Kalimantan Timur. Mereka ditangkap dengan alasan tak memiliki identitas kewarganegaraan dan dianggap nelayan asing yang mencuri ikan di Indonesia.

Padahal selama berabad-abad mereka adalah suku pengelana laut yang telah mendiami perairan antara Malaysia, Indonesia, dan Filipina, jauh sebelum ketiga negara ini ada dan membuat batas-batas administrasi dan politik.

Pemerintah Indonesia sendiri selama beberapa dekade membuat program memukimkan orang-orang Bajau ke daratan, agar memiliki identitas dan alasan-alasan lain. Namun benarkah permukiman permanen lebih mereka butuhkan daripada laut dan terumbu karang yang sehat?

Satu keluarga Bajau yang pernah difilmkan 13 tahun lalu, direkam kembali oleh film berdurasi satu jam lebih ini, untuk melihat perubahan kehidupan mereka setelah dimukimkan oleh negara dan menjalani peradaban darat.

Pemutaran ini diselenggarakan untuk bersolidaritas menggalang dana untuk masyarakat Bajau. Kotak donasi akan diletakkan di meja tamu, diedarkan sebelum dan sesudah pemutaran berlangsung. Donasi yang terkumpul akan diberikan ke Aliansi Jurnalis Independen Kota Gorontalo, yang akan menyalurkannya kepada warga Bajo dengan prioritas sebagai berikut:

  1. Operasi bibir sumbing untuk putra nelayan (Gorontalo)
  2. Bantuan perahu bersama untuk para perempuan pencari kerang (Sultra)
  3. Bantuan perahu untuk pasangan kakek nenek (Gorontalo)
  4. Bantuan papan kayu untuk rumah Pak Belalo (Sultra)
  5. Bantuan pengobatan untuk putra Pak Cimpolo (Sultra)

Diselenggarakan atas kerjasama AJI Kendari Gorontalo, WatchDoc Indonesia, AJI Surabaya, Human Rights Law Studies Universitas Airlangga, dan PERIN+1S C2O.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply