Asal-usul peradaban: senapan, kuman, dan baja?

Kenapa orang-orang Eropa bisa menjajah begitu banyak bagian dunia? Kenapa bukan orang-orang Inca yang menguasai dunia dengan peradabannya? Kenapa kota-kota pertama kali berkembang di Timur Tengah? Kenapa pertanian tidak muncul di Australia? Dan kenapa daerah tropis sekarang rentan dengan kemiskinan?

Menurut Jared Diamond, faktor lingkungan–ekologis dan geografis–berpengaruh banyak dalam membentuk kesenjangan teknologi dan kekuasaan. Dalam buku dan dokumenternya, Guns, Germs and Steel, Jared Diamond memaparkan bagaimana faktor-faktor lingkungan mempengaruhi pembentukan nasib peradaban manusia.

Secara garis besar, teori utamanya adalah bahwa Eropa Asia memiliki lebih banyak keuntungan lingkungan, seperti: bentuk memanjang horisontal benua Eropa-Asia memberi iklim yang lebih merata dan mempermudah penyebaran flora dan fauna; flora-fauna yang ada di Eropa-Asia jauh lebih mudah didomestikasi; dan hidup berdampingan dengan hewan-hewan ternak meningkatkan kekebalan penyakit dan wabah.

Bagaimana menurut Anda?  Mari menonton dan mendiskusikan dokumenter dan bukunya di C2O. Tiga episode, diputar Sabtu, tanggal 15, 22 dan 29 Januari 2011:

  • Episode I: Out of Eden – Sabtu, 15 Januari 2010, pk. 17.30
  • Episode II: Conquest – Sabtu, 22 Januari 2010, pk. 17.30
  • Episode III: Tropics – Sabtu, 29 Januari 2010, 17.30

Jared Diamond adalah penulis dan ilmuwan yang telah menulis berbagai buku ilmiah populer. Saat ini ia menjabat sebagai Profesor geografi dan fisiologi di UCLA, California. Anda bisa meminjam atau membeli beberapa bukunya di C2O, antara lain The Third Chimpanzee, Guns, Germs and Steel dan Collapse.

Email | Website | More by »

C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

2 Replies to “Asal-usul peradaban: senapan, kuman, dan baja?”

Leave a Reply