Cergamboree 2011

by
February 14, 2011 09:31

Senin 21 – Sabtu 26 Februari 2011

Lokasi: CCCL Surabaya – Granito Tile Studio – Universitas Ciputra

Pembukaan (Pameran / Forum / Film Animasi) : Jumat, 25 Februari 2011, pk. 18.00 di CCCL, jl. Darmokali 10

Bersama komunitas dan praktisi komik Surabaya, antara lain: Is Yuniarto (Garudayana, trilogi Knights of Apocalypse, Wind Rider), Yudis, Broky dan Pak Waw (101 Hantu Nusantara), Gathotkaca Studio (Grammar Surabaya), Hangga Ganiadi, Jatmiko Jatkomik, Dimas, Deden & Prita, Elwyn, kat, dkk.

Mengundang : Simon Hureau (La Boîte à Bulles – Prancis)

Dalam beberapa tahun terakhir, terlihat ada peningkatan kegairahan dan optimisme penerbitan komik di Indonesia.  Selain komik-komik baru, berbagai judul komik lama diterbitkan atau dikemas ulang.  Pegiat dan pelaku komik semakin kreatif menggunakan berbagai media.  Tidak hanya membatasi diri mereka pada format komik di atas kertas atau dalam buku, mereka makin aktif menggunakan atau berkolaborasi dengan media lainnya seperti mengangkat cerita film, mengadaptasi novel populer, menggelar pameran, mural, membuat komik dalam handphone dan lain sebagainya. Komik impor yang diterjemahkan pun menggunakan tema dan bentuk yang makin beragam.

Seperti media lainnya, definisi (atau identitas) “komik” dan “komik Indonesia” adalah suatu proses yang tidak pernah berhenti, bukan sesuatu yang baku dan murni. Seperti media lainnya pula, komik dapat memberi hiburan, “mendidik”, menjadi alat bercerita, alat imajinasi, merefleksikan sekaligus membentuk “kenyataan”, yang tidak hanya terbatas untuk anak-anak saja.  Komik dapat menceritakan (ulang) sejarah dan cerita-cerita kita.

Festival komik ”Cergamboree” yang telah dimasukkan sebagai agenda tahunan CCCL bekerjasama dengan perpustakaan C2O dan para pegiat komik Surabaya, tahun 2011 memasuki tahun ke-3. Kali ini festival mengangkat tema “Sejarah Kecil Surabaya” untuk memperkenalkan sekaligus mengeksplorasi bagaimana komik dapat digunakan untuk mengangkat dan mengolah sejarah lokal. Sejarah di sini tidak harus “sejarah besar” atau resmi, tapi juga termasuk kehidupan sehari-hari figur sejarah, cerita & foto masa lalu sesepuh atau orang tua kita, tembang, dolanan anak, cerita rakyat, hikayat, untuk kemudian diolah dalam komik yang menarik untuk khalayak umum baik dari segi cerita maupun setting latar belakangnya.

Salah satu tujuan Cergamboree adalah untuk memberi dukungan, agar komik buatan lokal makin dikenal dan diterima oleh masyarakat negeri sendiri, dan mendorong eksplorasi potensi komik. Selain itu agar terbuka jaringan dan pertukaran wawasan antara Indonesia dengan Prancis melalui kehadiran seniman komik asal Prancis pada penyelenggaraan setiap festival.

Pada ajang ini, Perpustakaan C2O mengundang sejumlah seniman komik dan studio dari Surabaya, sementara CCCL mengundang seniman komik dari  studio La boîte à Bulles Prancis, Simon Hureau, untuk berbagi pengalaman dan bertukar pendapat dengan seniman Indonesia dan publik Surabaya.  Simon juga akan singgah di Jakarta dan Denpasar dan mendokumentasikan perjalanannya di Indonesia dalam bentuk komik nantinya.

Cergamboree adalah festival komik tahunan di Surabaya ajang para komikus, desainer grafis, creative director, art director, dan berbagai insan kreatif yang berkecimpung di bidang komik dan komunikasi visual dapat bersosialisasi, mendapatkan informasi, inspirasi dan pengalaman dari praktisi luar kota dan mancanegara.  Program Cergamboree tahun ini antara lain: pameran, jumpa artis komik, workshop, peluncuran buku, talkshow, pemutaran film, menggambar komik di atas keramik granito, dan permainan seputar komik.

Penyelenggara Cergamboree 2011: CCCL Surabaya – Perpustakaan C2O

Dengan dukungan : CCF Jakarta – Alliance Française Denpasar – studio La boîte à Bulles (Prancis)

Categories: Event
Tags:

: C2O library & collabtive is an independent library and a co-working space that aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net
Email this author | Visit author's website | All posts by

Leave a Reply


Subscribe

Daftarkan email untuk menerima berita
Subscribe to receive email updates

Archives


Book reviews »
rumahkertascarlosdominquez-575x350
Rumah Kertas
Carlos María Domínguez
by Ivana Kurniawati
Meski tipis dan mampu dilahap sekali duduk, kisah ini (dan bagaimana penulis menceritakannya) mampu ...
Film reviews »
invitation05
Invitation
Affan Hakim, 2011
by Iman Kurniadi
Sebuah movie screening patut saya ikuti karena biasanya saya bertemu dengan para movie mak...
Music reviews »
Deugalih. Foto: Denan Bagus (akudenan.wordpress.com)
Guyonan Intim dan Syahdunya Tur ‘Monster of Folk’ di Surabaya

by Debby Utomo
Project yang dibawakan oleh Rayhan Sudrajat, Deugalih, dan Ledakan Urbanisasi ini menyadarkan saya b...
Download »
ronascent2_outtatime
Outtatime
Ronascent
by c2o library & collabtive
Ronascent, salah satu media musik online yang berbasis di Surabaya, kembali menerbitkan kumpulan ...
Event »
pasardjenggot575x350
Pasar Djenggot vol. 1

by c2o library & collabtive
Pasar Djenggot ☞ Minggu, 11 Desember 2016, pk. 15.00 – 18.00 di c2o library & collabti...

Twitter

Latest stories curated by Ayorek!, connecting the people & the city of Surabaya