Report: Baca itu seru!

by
February 13, 2011 09:12

Sabtu, 12 Februari 2011, sekitar tengah hari, C2O kedatangan dua sahabat dari GoodReads Indonesia (GRI), Roos yang dulunya di GRI Jakarta, sekarang di Solo, dan Rhea Siswi, koordinator GRI Surabaya.  Sambil menunggu kawan-kawan yang lain datang, mereka mempersiapkan buku-buku untuk dipertukarkan (book swap) dan beberapa kaos dari penerbit untuk kopdar perdana GRI Surabaya siang nanti.

Acara dimulai dengan perkenalan diri dan diikuti sekitar 12 orang.  Setelah perkenalan pendek dari C2O, tiap anggota memberi cerita singkat asal-usul mereka bergabung dengan GoodReads, buku-buku apa saja yang mereka sukai dan kenapa, dan kebiasaan membaca masing-masing.  Ada yang bergabung setelah melihat teman membuka-buka situs GoodReads di kantor, ada yang sejak kecil membaca buku-buku koleksi orang tuanya dan menikmati judul-judul jadul macam Musashi, Petualangan Sherlock Holmes, Winnetou, dan lain sebagainya. 

Harry Potter masih mendominasi vote terbesar sebagai buku favorit, meskipun ada juga sebutan judul-judul lain seperti tetralogi Buru (Pramoedya Ananta Toer), To Kill a Mocking Bird (Harper Lee), dan Matilda (Roald Dahl).  Berkaitan dengan latar belakang Bumi Manusia, Vinka menceritakan bagaimana dia benar-benar merasa terlibat di dalam ceritanya—bahkan melakukan jelajah sekitar perkebunan tebu bersama kakaknya.

Bertukar buku dan permainan lainnya

Selesai berbagi cerita, kami mengadakan undian hadiah buku dan kaos yang diselingi dengan permainan kuis.  Sambil menikmati pop corn, kami berbagi dan berbading cerita mengenai proses pengembangan GoodReads dan komunitas baca lainnya.  Roos menceritakan bagaimana di Jakarta, GRI mengadakan kerja sama dengan penerbit dan toko buku agar anggota GRI bisa mendapatkan diskon (masih terbatas pada Gramedia di Carrefour, karena perbedaan policy tiap cabang toko buku).  Mereka juga kerap menggelar acara kecil-kecilan, entah di rumah siapa, seperti pemutaran film yang diangkat dari buku (The Road karya Cormac McCarthy, misalnya) dengan snack potluck yang dibawa atas kesadaran sendiri-sendiri.  Ada juga trik-trik bertukar buku (yang dilakukan lintas kota, bahkan lintas negara!) melalui kurir.

Acara kopdar perdana GRI Surabaya berakhir sekitar jam 16.30.  Beberapa melanjutkan menonton film animasi Sita Sings the Blues yang diputar pk. 17.30, bergabung dengan pengunjung perpustakaan yang lain menikmati animasi Ramayana yang dikemas dengan sangat menarik dan menghibur, sekaligus kritis mempertanyakan berbagai versinya.  Terima kasih kami ucapkan kepada sahabat-sahabat GoodReads Indonesia dan semua orang yang telah menyempatkan datang.  Semoga kopdar perdana ini mendorong kegiatan GRI Surabaya dan Indonesia yang lain!

Peserta Kopdar:
1. Azza
2. Novri Radio SS Library
3. Hilman Radio SS Library
4. Tinta
5. Agung
6. Ari K
7. Andrew B
8. Vinka
9. Cesting
10. Roos
11. Kathleen
12. Yossi
13. Rhea

Categories: Reportase
Tags:

: Founding director, c2o library & collabtive. Currently also working in Singapore as a Research Associate at the Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS). Opinions are hers, and do not represent/reflect her employer(s), institution(s), or anyone else with whom she may be remotely affiliated.
Email this author | Visit author's website | All posts by

Leave a Reply


Subscribe

Daftarkan email untuk menerima berita
Subscribe to receive email updates

Archives


Book reviews »
rumahkertascarlosdominquez-575x350
Rumah Kertas
Carlos María Domínguez
by Ivana Kurniawati
Meski tipis dan mampu dilahap sekali duduk, kisah ini (dan bagaimana penulis menceritakannya) mampu ...
Film reviews »
invitation05
Invitation
Affan Hakim, 2011
by Iman Kurniadi
Sebuah movie screening patut saya ikuti karena biasanya saya bertemu dengan para movie mak...
Music reviews »
Deugalih. Foto: Denan Bagus (akudenan.wordpress.com)
Guyonan Intim dan Syahdunya Tur ‘Monster of Folk’ di Surabaya

by Debby Utomo
Project yang dibawakan oleh Rayhan Sudrajat, Deugalih, dan Ledakan Urbanisasi ini menyadarkan saya b...
Download »
ronascent2_outtatime
Outtatime
Ronascent
by c2o library & collabtive
Ronascent, salah satu media musik online yang berbasis di Surabaya, kembali menerbitkan kumpulan ...
Event »
tukarobralbacabuku-575x350
Baca, Obral & Tukar Buku

by c2o library & collabtive
Baca, Obral & Tukar Buku Lapak buku murah untuk membeli dan bertukar buku ☞ Sabtu, 10 Desembe...

Twitter

Latest stories curated by Ayorek!, connecting the people & the city of Surabaya