Di Balik Tirai Rumah Peranakan Arab | Cermin Jiwa Skizofrenia | Libur Idul Fitri & Pengampunan Denda

Di Balik Tirai: Presentasi Arsitektur Rumah Peranakan Arab
☞ Rabu, 6 Juni 2018, pk. 16.00 – buka puasa bersama
C2O library & collabtive, Jl. DR. Cipto 22, Surabaya

Umum diyakini bahwa salah satu sifat budaya yakni luwes dialihbentukkan dalam kebutuhan sehari-hari, dari perkakas dapur hingga pakaian tidur. Proses kreatif yang sama juga terjadi pada keturunan Arab Indonesia, yang sebagaimana budaya hibrida lainnya, secara dinamis melahirkan desain arsitektur yang khas sebagai respon atas ajaran agama hingga kebutuhan ruang gerak. Fenomena ini diuraikan oleh periset muda Puspitaningtyas Sulistyowati, yang dalam penelitiannya di kampung Arab Surabaya mencoba memetakan perkembangan arsitektur dan bagaimana ia berkelindan dengan aktifitas di dalam rumah.

Sebuah presentasi arsitektur berjudul Di Balik Tirai. Diselenggarakan oleh Menara Study & Research Centre of Arab Descent in Indonesia. GRATIS, terbuka untuk umum. Kita akan buka bersama–tersedia takjil dan samosa dari Kampung Arab Surabaya. Silakan bawa makanan minuman juga untuk berbagi potluck.

‘The Unknown’ Zine Launch
☞ Sabtu 9 & Minggu 10 Juni 2018, 12.00 – 20.00
C2O library & collabtive, Jl. DR. Cipto 22, Surabaya

Journal healing session
bersama Dr Hafid Algristian, SpKj.
☞ Minggu 10 Juni 2018, 15.00

CERMIN JIWA adalah sebuah project oleh , Evelyn Tjioe. Menafsirkan secara visual akan perasaan Orang Dengan Skizofrenia dan caregiver mereka dari hasil tulisan psikoterapi jurnal dan puisi dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Pre-order zine (Rp50.000) melalui theunknown.zine@gmail.com.


C2O akan tutup untuk libur & cuti bersama Idul Fitri 1439H pada 11-20 Juni 2018. Kami kembali buka seperti biasa Kamis, 21 Juni 2018.

Pengampunan denda: 21 – 30 Juni 2018

Bagi kawan-kawan yang meminjam koleksi buku C2O dan telah jauh melewati batas waktunya, tahun ini C2O membuat program pengampunan denda: buku-buku yang dikembalikan selama periode 21-30 Juni 2018 hanya akan dikenakan denda 10%.

Koleksi buku C2O dibangun melalui kontribusi waktu, tenaga kerja, dan buku banyak orang, karena ada kesadaran akan keterbatasan akses dan perlunya dibuat ruang dan sumber daya bersama, sharing/shared resources. Buku kami berharga untuk banyak orang; mohon untuk mengembalikannya agar dapat digunakan lebih banyak orang. Terimakasih.

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future. More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply