Workshop Diskusi Soundscape & Soundwalk

soundwalk-poster-575

Workshop Diskusi Soundscape & Soundwalk
☞ Minggu 24 Mei 2015 jam 16:00 – 17:30
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 20

Dewasa ini lingkungan dimana kita hidup telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat, perkembangan teknologi, percepatan pembangunan fisik, gedung-gedung pencakar langit. Mall, pertumbuhan dan arus urbanisasi yang meningkat mengakibatkan kepadatan penduduk yang tidak merata, tingginya pengguna kendaraan bermotor, mesin mesin industri. Belum lagi perkembangan teknologi telekomunikasi mobile gadget. Manusia mulai diperhadapkan pada bunyi-bunyian baru. Lingkungan alam yang dulu tenang dan penuh kedamaian, mulai terusik, burung burung telah lama pergi entah kemana karena kerusakan lingkungan akustik dimana mereka suka bercengkrama. Polusi Suara atau kebisingan dewasa ini telah menjadi masalah manusia. telah terjadi ketidak keseimbangan ekologi akustik dewasa ini. Bunyi-bunyi liar yang menggangggu, serta bangunan tata kota yang semrawut, telah mengubah lingkungan ekologi akustik kita.

Dalam hal ini, apakah adalah hubungannya antara suara suara lingkungan dengan manusia, lalu apa yang terjadi dengan adanya perubahan suara suara ini. Melalui Soundscape inilah dapat dipahami, diteliti dan dianalisa, sejauh mana pengaruh keduanya. Soundscape melibatkan studi multidisipliner, ahli tata kota, arsitek, psikologi lingkungan, sosiologi, hukum dan tentunya seni musik. Soundscape juga melibatkan multi bidang penanganan baik pemerintah kota melalui dinas tata kota Lingkungan hidup, para stake holder, juga diperlukan payung hukum apabila dirasa harus mengambil kebijakan publik yang sangat krusial. Kebisingan terjadi karena kita kurang memahami bunyi atau kurang menyimak bunyi (Schafer, R. Murray, The Soundscape; Our sonic environment and the Tuning of the World)

Soundwalk menurut Westerkamp adalah jalan jalan dengan tujuan mendengar lingkungan sekitar, atau dengan ada istilah ear cleaning (pembersihan telinga) dimaksudkan dengan mendengarkan serta menyimak suara lingkungan telinga kita dibersihkan dengan bunyi bunyi an lingkungan, suatu eksplorasi dari bebunyian lingkungan. Durasi soudwalk tidak mengikat sekitar 5 – 10 menit tergantung kebutuhan atau teknis kegiatan.

Bambang Dwiatmoko adalah seorang seniman (Komposer. Arranger, Session Drummer/Perkusi) dari Salatiga. Pendiri Forum Musik Seni Salatiga, komposer dan installer untuk DIORAMA Dunia VEKTOR Kementrian Kesehatan Salatiga, dan pengisi/ composer music teater Sassi Kirana Komunitas Budaya Jawa Salatiga. Juga mendidrikan kelompok KI Sadrakh beraliran elektronik etnik, sempat bermain di Eksplo Jazz festival Solo, International Gamelan Festival Di Jogjakarta.

INFO
bambangkisadrakh@gmail.com
085325989412

Email | Website | More by »

An independent library and a coworking community space. Aims to create a shared, nurturing space, along with the tools and resources for humans (and non-humans) for learning, working, and connecting with diverse communities and surrounding environment—for emancipatory, sustainable future.

More info, visit: https://c2o-library.net/about/ or email info@c2o-library.net

Leave a Reply