Reportase: Codex Code

Rabu sore, 25 Agustus, sekitar pukul 16.00 pengunjung pameran mulai berdatang-an melihat-lihat karya yang dipamerkan sekaligus bertemu dengan teman-teman. Sehari sebelumnya, Agung, Wok dan Qomar dari Kedai Kebun Forum, dibantu oleh peserta Surabaya—Andre Budiman (Butawarna) dan Iqi Qoror—menyiapkan pameran di C2O. Tinta, Alfan (Papa Onta) dan Ari Kurniawan juga datang membantu persiapan.

Kudapan seadanya dan booklet materi pengantar pameran digelar di depan untuk pembukaan yang bertepatan dengan jam buka puasa. Wok memberi pengantar pendek, kemudian mempersilahkan pengunjung melihat-lihat karya pameran. Karena kebanyakan karya yang dipamerkan berupa buku, “bisa-bisa pengunjung tidak tahu mana yang karya pameran, mana yang koleksi perpustakaan,” candanya.

Memang, ini adalah pameran “buku”, tapi di sini peserta pameran dibebaskan untuk memaknai arti buku dengan sangat luas, sesuai dengan pengertian dan latar belakang masing-masing.

Ada yang menyulam beberapa sapu tangan dan menjahitnya di atas bantal. Ada yang membuat buku mewarnai dan mengundang pengunjung untuk mewarnai dan menulisinya. Ada buku-buku kecil dengan susunan abjad, dan gabungan buku dan audio. Sementara dari Surabaya, Butawarna menghadirkan konsep Codex Code Cliche (C3), berisi (parodi) klise buku-buku “seni”, dan Iqi menampilkan “LOOKBOOK” berisi lukisan-lukisan cat airnya.

Pengunjung berdatangan dari kalangan musisi, desainer dan seniman lokal Surabaya, kru CCCL, hingga peserta workshop liburan anak C2O (halo Jasmine!). Mereka tampak menikmati karya yang dipamerkan: tidak hanya menonton, tapi banyak bersosialisasi, berkenalan dengan teman baru atau bertemu kawan lama, sambil mengutak-atik—membolak-balik, menggambari, mewarnai dan menulisi—karya-karya pameran yang berbaur dengan koleksi dan ruang perpustakaan.

Proyek pameran buku CODEX CODE ini sebelumnya telah dipamerkan di Kedai Kebun, Yog-yakarta pada Maret 2010 yang lalu dan di Ruang Rupa, Jakarta, tgl 7-21 Agustus 2010. Foto-foto karya dan pembukaan juga dapat dilihat di facebook C2O: http://facebook.com/c2o.library

Semua foto di atas, oleh Erlin Goentoro.

Email | Website | More by »

Founding director, c2o library & collabtive. Currently also working in Singapore as a Research Associate at the Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS). Opinions are hers, and do not represent/reflect her employer(s), institution(s), or anyone else with whom she may be remotely affiliated.

Leave a Reply